Keindahan Pink Beach atau Pantai Pink di Pulau Komodo

pantai pink di pulau komodo

Pantai Pink di Pulau Komodo menyajikan segudang keindahan pemandangan alami berupa hamparan pasir merah muda yang berpadu dengan birunya air laut. Terletak di bagian selatan Pulau Padar dan Timur Pulau Komodo, destinasi ini menjadi obat dari sejuta umat yang menggemari olahraga diving. Apa saja sih keindahan pantai pink ini?

5 Keindahan Pantai Pink di Pulau Komodo 

1. Daya Tarik Pantai Pink

pantai pink di pulau komodo
Berbagai daya tarik dan keindahan dari Pantai Pink

Selain panorama pantai yang mempesona, kawasan wisata alam Pulau Komodo memiliki kekayaan dan keindahan pemandangan bawah laut yang menarik untuk ditelusuri. Disajikannya taman bawah air yang menjadi rumah dari berbagai jenis ikan, terumbu karang, juga biota-biota lain, membuat wisata Pink Beach sangat cocok untuk aktivitas snorkeling atau diving.

Terdapat banyak pendapat terkait dengan asal muasal warna pink pada pasir di Pantai Pink. Beberapa diantaranya menyebutkan bahwa warna tersebut berasal dari pecahan karang merah yang sudah mati. Sedangkan beberapa lainnya berpendapat bahwa warna pink berasal dari foraminifera (hewan mikroskopik) yang memproduksi warna merah/pink terang pada terumbu karang.

Arus di kawasan wisata alam Pink Beach komodo island dikenal cukup kuat. Walau begitu, area ini memiliki banyak biota laut yang berkembang di dalamnya. Diketahui, ada setidaknya 1000 spesies ikan, 70 spesies spons, dan 260 spesies terumbu karang. Panorama mengundang decak kagum lainnya yang tidak boleh dilewatkan, selain keindahan pemandangan bawah laut, ialah landscape matahari terbenam yang mengagumkan.

Pink beach labuan bajo ini cukup jauh dari kawasan penduduk, juga belum menyediakan fasilitas konsumsi atau perlengkapan wisata melalui toko di tempat wisata. Oleh sebab itu, bagi wisatawan yang tertarik untuk menyambangi wisata ini, disarankan untuk membawa kebutuhan yang diperlukan. Jika tidak sempat membawa bekal konsumsi dari rumah, atau tertarik untuk melakukan aktivitas diving atau snorkeling, Anda dapat membeli atau menyewanya di Labuan Bajo. 

2. Harga Tiket dan Jam Buka

Hingga saat ini, Pantai pink masih belum memiliki retribusi resmi terkait dengan harga tiket masuk wisata dan jam buka. Apabila Anda berminat untuk pergi ke destinasi wisata ini, menanyakannya terlebih dahulu pada tour guide atau masyarakat sekitar yang menyewakan jasa antar menggunakan speed boat dari Labuan Bajo, menjadi langkah yang paling cerdas untuk dilakukan.

3. Akses Transportasi

pantai pink di pulau komodo
Untuk menuju pantai Pink bisa menggunakan transportasi laut

Pengunjung dapat memilih 3 akses transportasi untuk sampai ke Pantai Pink. Adalah jalur udara, laut, dan darat. Jalur udara merupakan akses paling cepat untuk menuju lokasi Pink beach. Wisatawan dapat menggunakan pesawat dengan tujuan Denpasar – Labuan Bajo. Dimana perjalanan ini hanya akan memakan waktu kurang lebih 30 menit saja.

Atau bisa juga menggunakan jalur laut dengan kapal yang berangkat dengan tujuan Tanjung Benoa, Bali – Labuan Bajo. Umumnya, waktu tempuh untuk akses laut adalah 1 hari. Untuk opsi lain, Anda dapat menggunakan jalur darat dengan menunggangi bus arah Denpasar – Labuan Bajo, dan menyebrang menggunakan kapal ferry. Saat tiba di Labuan Bajo, wisatawan dapat langsung naik ke kapal ferry dengan tujuan Loh Liang. Setelah itu, gunakan jasa speed boat untuk tiba di lokasi akhir, yakni Pantai Pink.

4. Lokasi Pantai Pink di Pulau Komodo

Alamat presisi dari Pantai Pink ini adalah Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Barat (NTB).

5. Wisata Sekitar Pink Beach

pantai pink di pulau komodo
Ada juga berbagai wisata disekitar pantai Pink

Bila masih belum puas dengan keindahan laut yang disajikan Pantai Pink, terdapat wisata lain di sekitar kawasan tersebut yang bisa ditambahkan ke dalam list liburan Anda. Ialah wisata Manta Point. Sebuah wisata yang menawarkan pengunjungnya untuk menikmati keindahan laut ditemani dengan ikan pari. Selain itu, ada pula Komodo Enterprise, Pantai Pede, Bukit Amelia Sea, Pantai Wae Rana, dan masih banyak lainnya. Mengingat lokasinya berada di daerah Taman Nasional Komodo, pengunjung diharapkan untuk berhati-hati saat melakukan aktivitas berenang, berjemur, atau bahkan snorkeling. 

Itulah 5 keindahan pantai pink di Pulau Komodo yang sayang untuk dilewatkan. Diharapkan ini bisa menjadi salah satu pilihan destinasi wisata populer yang sangat menarik untuk dikunjungi. Selamat berlibur!