Catat Nih! Macam-Macam Kebutuhan Perlengkapan Kemah atau Camping

kebutuhan perlengkapan kemah

Selain menjadi aktivitas penghilang stres, camping memiliki manfaat untuk lebih mendekatkan Kita kepada alam. Kebersihan udara di hutan atau gunung sangat bermanfaat untuk kesehatan paru-paru. Tak ayal jika kemudian camping menjadi kegiatan yang banyak digemari orang-orang dari berbagai kalangan usia. Lalu apa saja kebutuhan perlengkapan kemah yang diperlukan?

Macam-Macam Kebutuhan Perlengkapan Kemah

Adapun untuk beberapa alat kelompok yang harus dibawa ketika berkemah adalah sebagai berikut.

1. Tenda, Frame, dan Pasak

kebutuhan perlengkapan kemah
Tenda dan pasak adalah perlengkapan utama yang harus dibawa

Tersedia berbagai jenis tenda yang bisa Anda pilih untuk kebutuhan kemah. Sebut saja tenda dome, tenda pramuka, hingga flysheet. Pastikan pula untuk membawa perlengkapan pendukung tenda lainnya seperti pasak dan frame.

2. Perlengkapan Memasak

Jangan bayangkan untuk membawa wajan dan baskom ke dalam kegiatan kemah, karena itu jelas akan merepotkan. Sekarang, sudah banyak tersedia toko outdoor yang menawarkan berbagai perlengkapan memasak khusus kemah. Adapun untuk harganya sendiri cukup bervariasi dimulai dari nominal harga Rp100-an saja.

Tidak lengkap rasanya jika hanya membawa perlengkapan masak tanpa dibarengi dengan kompor dan gas. Nah, jenis kompor dan gas khusus untuk kemah memiliki bobot yang sangat enteng, yakni kurang dari setengah kilo, sehingga membuatnya mudah untuk di packing di dalam tas ransel yang akan dibawa.

3. Korek Api

Korek api juga menjadi kebutuhan camping yang tidak boleh ditinggalkan. Dimana korek api sendiri menjadi alat untuk berjaga-jaga ketika pemantik dari kompor mati atau tidak bisa digunakan. Korek api juga dapat dijadikan sebagai alat untuk membuat api unggun tatkala suasana kemah cukup dingin.

4. Sleeping Bag

Penggunaan Sleeping Bag akan menghalangi suhu dingin ketika camping. Sehingga suasana tidur di dalam tenda pun akan terasa lebih hangat dan nyaman.

5. Matras

kebutuhan perlengkapan kemah
Berfungsi sebagai alas tidur matrass sangat penting untuk dibawa

Jenis dan bahan dari matras untuk kegiatan kemah sangatlah beragam. Sebut saja matras isi udara, matras lipat, juga matras biasa. Apabila Anda ingin membawa keluarga untuk ikut serta dalam kegiatan camping, terlebih jika ada anggota keluarga yang masih kecil, Anda disarankan untuk memilih matras isi udara atau matras lipat agar lebih nyaman dan mudah untuk dibawa.

6. Trash Bag

Saat mengunjungi tempat baru, apalagi menginap, Anda tidak boleh melupakan sampah yang digunakan. Jangan sampai sampah tersebut ditinggalkan di tempat yang Anda singgahi. Untuk itu, selalu bawa trash bag atau kantong sampah ketika Anda pergi berkemah.

7. Baju Ganti

kebutuhan perlengkapan kemah
Jangan lupa membawa baju ganti yang cukup

Perlengkapan wajib lain untuk aktivitas camping ialah baju ganti. Karena Kita tidak akan pernah tahu medan dan perubahan cuaca yang mungkin akan terjadi ketika sudah sampai di tempat kemah. Selain baju ganti, penggunaan jaket juga diperlukan guna menghalau hawa dingin yang ada. Pun demikian dengan raincoat/jas hujan yang memiliki fungsi sebagai pelindung diri saat hujan tiba-tiba turun.

8. Sepatu, Sandal, dan Kaos Kaki

Penggunaan sepatu, sandal, dan juga kaos kaki dianggap sebagai peralatan opsional oleh sebagian orang. Meski begitu, disarankan untuk menggunakannya demi keselamatan kaki ketika melalui medan terjal yang penuh bebatuan kasar. Sedangkan kaos kaki tentu akan dibutuhkan untuk menghangatkan kaki dari udara yang dingin sekaligus melindunginya dari ancaman gigitan serangga saat malam hari tiba.

Selain ke-10 perlengkapan kemah pramuka di atas, ada peralatan lain yang tidak boleh Anda tinggalkan. Sebut saja, tisu basah, hand sanitizer, senter, headlamp, baterai cadangan, pisau serbaguna, serta perlengkapan P3K. Agar perjalanan camping berjalan dengan lancar, Anda perlu memahami dan menerapkan berbagai peraturan camping yang ada