Tips Mudah! Cara Download Aplikasi Android di PC Windows

cara download aplikasi android di pc

Belakangan ini, mesin pencari dibanjiri dengan pencarian ‘cara download aplikasi android di PC’. Lebih lengkapnya variasi aplikasi versi android menjadi salah satu penyebabnya. Meskipun sudah banyak aplikasi serupa yang tersebar di internet, pengguna tidak boleh sembarangan dan asal comot satu aplikasi. Pasalnya, apabila kondisi perangkat yang digunakan cukup rentan, infeksi virus hingga malware bisa menjadi akibatnya. Lalu, apakah aplikasi game android bisa download di PC? Bagaimana caranya?

Cara Download Aplikasi Android di PC Windows

cara download aplikasi android di pc
Mendownload aplikasi android di PC dengan mudah

Jika pengguna memang betul-betul membutuhkan aplikasi android untuk perangkat PC, terdapat beberapa cara yang bisa diterapkan. Play Store, Laptop Windows, dan juga beberapa situs internet lain bisa menjadi tempat dimana pengguna akan mengunduh aplikasi android nantinya.

1. Play Store

Memang benar aplikasi Play Store tidak bisa diunduh di PC karena pihak Google sendiri yang tidak menyediakannya. Walau begitu, pengguna tetap bisa menikmati berbagai aplikasi yang ada di Playstore dengan cara berikut:

A. ApkPure

  1. Pertama, kunjungi situs apkpure.com kemudian tuliskan aplikasi yang diinginkan pada kolom search bar yang disediakan.
  2. Pilihlah salah satu dari hasil pencarian yang Anda lakukan. Lalu, tekan button ‘baca lebih lanjut’ yang biasanya berbentuk kotak berwarna biru di bawah/samping ikon aplikasi terkait.
  3. Setelah itu, pengguna dapat langsung memulai proses pengunduhan dengan tekan ‘unduh’. Tunggu beberapa saat hingga aplikasi tersebut berhasil terunduh di perangkat PC.

B. Evozi APK Downloader

  1. Cari aplikasi yang ingin diunduh melalui situs play.google.com/store/apps
  2. Selanjutnya, copy url link dari aplikasi yang diinginkan.
  3. Kunjungi situs dari Evozi melalui url apps.evozi.com/apk-downloader/
  4. Tempel url link tadi pada kolom yang disediakan.
  5. Tekan ‘generate download link’. Kemudian pengguna akan diarahkan pada halaman baru yang berisikan barcode, ukuran aplikasi, dan informasi lain terkait dengan aplikasi tersebut.
  6. Klik tombol ‘Click here to download’ agar proses pengunduhan bisa dimulai.

C. Melalui Windows App Store

  1. Buka aplikasi Windows Store yang ada di perangkat PC Anda. Jika sebelumnya belum pernah menggunakan layanan ini, pengguna akan diminta untuk melakukan login terlebih dahulu.
  2. Cari aplikasi yang hendak di install melalui kolom pencarian. Pengguna juga bisa mencari referensi aplikasi unggulan melalui fitur Top Apps yang ada.
  3. Setelah berhasil menemukan aplikasi yang diinginkan, pengguna dapat memulai proses pengunduhan dengan menekan tombol ‘unduh’. Apabila aplikasi tersebut berbayar, pengguna harus membayarkan sejumlah harga yang diminta sebelum mengunduhnya.

D. Situs Internet

Selain dua cara di atas, pengguna dapat menginstall aplikasi android di perangkat PC miliknya dengan menggunakan situs penyedia aplikasi gratis selaku pihak ketiga. Sebut saja JalanTikus, SourceForge, Cnet, Softonic, Softpedia, dan lain sebagainya.

Rekomendasi Emulator Android Untuk PC Ringan

cara download aplikasi android di pc
Pengguna bisa menggunakan berbagai emulator untuk mengunduh aplikasi android di PC

Bagi Anda penggemar game seperti PUBG atau Mobile Legends, keberadaan emulator untuk perangkat PC wajib untuk diadakan. Apalagi jika spesifikasi dari PC itu sendiri dirasa kurang dari segi grafis atau fitur pendukung lain. Tentulah emulator menjadi piranti lunak yang perlu diunduh dalam perangkat PC.

1. Bluestack

Bisa dibilang, Bluestack adalah emulator android terpopuler sepanjang tahun ini. Selain karena sudah lama melayani penggunanya dengan layanan terbaik, Bluestack juga terus mengupdate aplikasinya guna meningkatkan kinerja yang dimilikinya. 

2. Genymotion

Melalui Genymotion, pengguna dapat mengkonfigurasi emulator untuk berjalan dalam berbagai versi android sesuai dengan kebutuhan yang ada. Misalnya saja, menjalankan Nexus 6 dengan Android 6.0 Marshmallow atau Nexus One dengan Android 4.2 Jelly Bean.

Ada Pula emulator android lain yang tidak kalah ringan untuk digunakan dalam perangkat PC. Seperti contohnya adalah Game Loop, Droid4x, LDPlayer, MEmu, dan masih banyak lainnya.

Itulah informasi cara download aplikasi android di pc yang bisa dilakukan dengan mudah. Semoga bisa menjadi referensi bagi Anda. Selamat mencoba!