Manfaat Vaksin Covid-19 untuk Perjalanan

Apa untungnya ada Vaksin Covid-19 untuk industri pariwisata dan perjalanan?
Vaksin Covid

Pandemi covid-19 di Indonesia sudah berjalan kurang lebih 10 bulan. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk mencegah sekaligus memutus rantai penyebaran virus corona. Salah satu upaya tersebut yaitu meminta masyarakat untuk menerapkan perilaku hidup sehat dan menjalankan protokol 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan sesering mungkin.

Selain 3M, pemerintah saat ini sedang mengupayakan program vaksinasi. Program satu ini paling ditunggu oleh masyarakat karena dipercaya melindungi seseorang dari tertular Covid-19. Program ini sangat ditunggu, terutama bagi mereka yang ingin melakukan perjalanan ke luar kota maupun ke luar negeri. Vaksin merupakan sebuah upaya membuat kekebalan tubuh agar dapat melawan penyakit. 

Menurut Reisa Broto Asmoro, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, vaksin adalah salah satu upaya pencegahan agar masyarakat tidak terinfeksi virus terlebih dahulu. Vaksin diharapkan menjadi obat ampuh untuk memutus rantai penularan, terutama akibat dari perjalanan.

Vaksin Covid
Gambar dari Pnas.org

Beberapa Manfaat Vaksin Covid-19 untuk Perjalanan

Penerapan protokol kesehatan belum berhasil memutus penyebaran virus corona di Indonesia. Kondisi ini membuat pemerintah maupun masyarakat sangat berharap segera hadirnya vaksin Covid. Informasi yang beredar bahwasanya sudah ada beberapa vaksin Covid-19 yang sedang melakukan uji klinis, ada juga yang sudah selesai melakukannya. Sebenarnya, apa saja manfaat vaksin tersebut? terutama untuk perjalanan. 

1. Membangun Perlindungan

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengungkapkan bahwa covid-19 dapat menyebabkan komplikasi yang sangat serius, bahkan berujung kematian. Seseorang yang terinfeksi juga dapat menjadi sumber penularan bagi orang di sekitarnya. Dalam hal ini vaksin sangat berguna bagi mereka yang melakukan perjalanan.

Vaksin Covid-19 yang saat ini masuk ke uji tahap akhir dapat membangun perlindungan diri. Vaksin dapat menciptakan respons antibodi yang berperan dalam melindungi seseorang tanpa harus terinfeksi virus ini terlebih dahulu. Vaksin akan menciptakan kekebalan tubuh secara alami dan kekebalan yang dihasilkan oleh vaksin. 

Prof Dr dr Nasronudin SpPD K-PTI FINASIM, ahli virus sekaligus Direktur umum RS Unair, menyatakan bahwa vaksin yang dimasukkan ke dalam tubuh manusia (vaksinasi) diharapkan akan merangsang atau menginduksi sel tubuh (terutama sel B) agar memproduksi immunoglobulin. Hal inilah yang membuat seseorang mempunyai kekebalan tubuh pada SAR-Cov-2.

2. Mencegah Penularan Virus Corona

CDC menyatakan bahwa salah satu adalah mencegah penularan. Berdasarkan data yang diperoleh bahwa vaksin dapat membantu seseorang terhindar dari sakit parah, bahkan ketika orang tersebut terpapar Covid-19. 

Selain dapat bermanfaat bagi diri sendiri, vaksin juga dapat melindungi orang lain terutama bagi mereka yang melakukan perjalanan dengan transportasi umum. Vaksin akan melindungi orang lain terutama yang memiliki risiko tertular tinggi dan risiko penyakit parah akibat virus ini.

3. Menghentikan Pandemi

Saat ini 3M merupakan salah satu upaya yang cukup efektif menekan risiko penularan Covid-19 terutama ketika melakukan perjalanan. Namun, upaya ini dianggap belum mampu untuk menghentikan pandemi. Oleh karena itu, masih dibutuhkan vaksin yang dapat bekerja menciptakan kekebalan tubuh. Vaksin juga menjadi salah satu harapan agar muncul herd immunity, yakni ambang batas dari kekebalan tubuh dalam kelompok masyarakat.

Dicky Budiman, Epidemiolog Global Health Security Griffith University mengatakan vaksin menjadi salah satu strategi yang dapat dilakukan untuk mengendalikan dan menekan penyebaran Covid-19.

Itulah beberapa manfaat vaksin Covid-19 untuk perjalanan. Dengan adanya vaksin, diharapkan mata rantai penyebaran virus corona bisa segera terputus dan masyarakat bisa hidup normal seperti semula. Informasi terbaru perihal perkembangan penelitian, uji klinis, dan uji coba vaksin Covid bisa Anda peroleh melalui aplikasi Halodoc. Sekaligus berbagai informasi kesehatan, penyakit, dan gaya hidup. 

Tidak hanya itu, melalui aplikasi ini Anda juga bisa memanfaatkan layanan konsultasi dengan dokter profesional melalui Halodoc. Dengan biaya yang terjangkau dan proses yang cepat dan praktis, konsultasi kesehatan jadi lebih mudah dengan Halodoc. Jadi, yuk segera unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!