Cek Kalori Pempek dan Jajanan Lainnya yang Harus Kamu Tahu

kalori pempek

Setiap orang pasti memiliki jajanan favoritnya sendiri-sendiri. Beberapa orang mungkin menyukai jajanan berkuah seperti bakso, beberapa lainnya lebih menyukai makanan yang dicocol saus seperti pempek. Tapi pernahkah terbesit dalam benak Anda berapa kalori pempek dan jenis makanan lain?

Kalori Pempek dan Untuk Jajanan Favorit Lainnya

Membatasi jumlah keseluruhan camilan yang masuk ke perut sangatlah penting untuk dilakukan. Pasalnya, total kalori camilan yang dianjurkan secara medis berada di kisaran 150-200 kkal. Jika lebih dari itu, ancaman kesehatan yang menurun bisa saja terjadi. Guna menghindari hal tersebut, ada baiknya bagi Anda untuk cek kembali jumlah kalori yang ada dalam jajanan 1 potong pempek atau porsi camilan lain. Untuk lebih detailnya, simak ulasannya berikut ini.

1. 1 Porsi Pempek

kalori pempek
Jumlah kalori pada 1 porsi pempek yang lezat

Pempek kerap dijadikan sebagai opsi pengganjal perut lapar bagi sebagian orang. Salah satu jenis pempek yang banyak digemari adalah Pempek Farina. Paduan tepung dan olahan ikan rebus yang menjadi bahan utamanya, serta cocolan cuka pedas manis yang nikmat, membuat siapapun terhipnotis dibuatnya.

Cara penyajiannya yang digoreng membuat makanan khas Palembang ini kaya akan tumpukan lemak yang mengancam kesehatan tubuh. Kalori pempek dalam 1 porsinya adalah 39 kkal. Selain itu, jajanan ini juga mengandung karbohidrat sebesar 4,72 gr, lemak 1,04 gr, serta protein sebanyak 2,52 gr dalam 1 potong pempek.

2. Gorengan

Bukan orang Indonesia kalau nggak demen gorengan! Mungkin itu adalah ungkapan yang kerap Anda dengar. Selain praktis dan harganya yang murah, rasa gurih nan nikmat dari gorengan mampu membuat seseorang menjadi ketagihan. Akan tetapi, yang perlu menjadi sorotan adalah, jajanan ini memiliki kalori yang tinggi juga lemak jahat pemicu kolesterol tinggi serta penyakit kardiovaskular.

Memang bahan utama dalam pembuatan gorengan termasuk ke dalam jenis makanan sehat. Sebut saja ubi, tahu, pisang, tempe, dan sayuran lainnya. Namun, penggunaan tepung, gula, dan minyak dalam pengolahan gorengan mengubahnya menjadi makanan berlemak tinggi.

Misalnya saja untuk pisang goreng. Dimana 1 buah pisang rata-rata mengandung 2 gr lemak total, termasuk juga 49 ml gr kolesterol dan 1 gr lemak jenuh. Hanya dengan mengkonsumsi pisang goreng, Anda telah memasukkan kalori sebesar 140 kkal ke dalam tubuh. 

3. Sate Ayam

kalori pempek
Jumlah kalori pada sate ayam

Sate ayam menjadi jajanan sejuta umat karena rasanya yang cocok untuk semua lidah orang indonesia. Jajanan bakar yang bisa temui di seluruh pelosok negeri ini memiliki kalori sebesar 34 kkal untuk satu porsinya. Sate ayam juga mengandung lemak jenuh sebesar 2,22 gr dan energi 141 kj.

4. Siomay dan Batagor

Untuk setiap satu potong siomay yang disajikan, ada setidaknya 51 kkal dengan 6,03 gr karbohidrat, 0,85 gr lemak, serta 4,54 gr protein. Namun, apabila Anda mengkonsumsinya dalam satu porsi penuh, dimana ada tambahan kentang, pare, sayur kol, tahu, dan juga bumbu kacang, total kalori yang akan masuk ke dalam tubuh bisa mencapai 500 kkal.

Sedangkan untuk batagor, setiap potongnya mengandung 5,83 gr karbohidrat, 2,98 gr lemak, 58 kkal kalori, serta 2,06 gr protein. Jumlah kalori yang terkandung di dalam batagor lebih besar dibandingkan dengan siomay karena penyajiannya yang digoreng.

5. Martabak Manis

kalori pempek
Jumlah kalori yang ada pada satu loyang martabak manis

Dari semua jajanan di atas, martabak manislah yang menduduki peringkat pertama untuk jumlah total kandungan kalori yang dimilikinya. Diketahui, satu porsi martabak manis memiliki kalori hingga 347 kkal. Adapun untuk kandungan lainnya adalah 16,12 gr lemak, 44,66 gr karbohidrat, dan 8,97 gr protein. Jumlah kalori tersebut mungkin akan bertambah ketika toping yang digunakan lebih banyak.

Selalu pastikan untuk menjaga jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Dengan begitu, kondisi kesehatan memburuk seperti kolesterol tinggi atau kardiovaskular bisa dihindari. Selain membatasi kalori, Anda juga harus mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang untuk memenuhi kebutuhan gizi dalam tubuh.