Inilah Berbagai Macam Istilah dalam Investasi Saham

istilah dalam investasi saham
Business team investment trading do this deal on a stock exchange. People working in the office.

Dalam dunia saham, terdapat banyak sekali istilah dalam investasi saham yang digunakan. Apabila Anda merupakan investor pemula, tentu akan membutuhkan panduan untuk memahami semua istilah tersebut. Dengan pemahaman yang baik terhadap semua istilah tersebut, proses investasi yang sedang dijalankan bisa berjalan dengan lancar. 

Istilah Dalam Investasi Saham yang Perlu Diketahui

Berikut ini merupakan beberapa istilah yang kerap digunakan dalam dunia investasi saham.

1. RTI Business

Sebagai salah satu aplikasi terbaik yang ditujukan untuk para investor saham, RTI Business menyuguhkan banyak informasi yang bermanfaat untuk digunakan dalam proses investasi. Sebut saja technical analysis melalui Chart dengan bantuan indikator dari Key, Teknis, Movers, Calendar, Statistics, dan lain sebagainya.

2. IDX

istilah dalam investasi saham
Lembaga dalam pasar modal disebut IDX

IDX adalah singkatan dalam saham yang berarti sebuah lembaga dalam pasar modal indonesia yang memiliki peran untuk menyediakan sekaligus menyelenggarakan berbagai fasilitas sistem perdagangan efek. IDX (Indonesia Stock Exchange) ini juga kerap disebut sebagai Bursa Efek Indonesia, alias BEI. Sederhananya, BEI menjadi tempat dimana saham atau surat berharga jangka panjang diperdagangkan.

3. Emiten

Istilah Emiten dipergunakan untuk menyebut sebuah perusahaan selaku pihak yang mengeluarkan surat berharga yang akan diperjualbelikan di lantai Bursa Efek. Salah satu contohnya adalah BRI, Telkom, dan Unilever.

4. Blue Chip

Secara umum, Blue Chip merupakan perusahaan yang cukup besar dan stabil secara finansial. Sehingga membuatnya menjadi pemimpin di dalam industri yang mereka besarkan.

5. Bursa

istilah dalam investasi saham
Wadah tempat bertemunya penjual dan pembeli sahatm yaitu Bursa

Bursa merupakan wadah untuk mempertemukan penjual dan pembeli secara anonim, karena kedua belah pihak yang terlibat tidak perlu tahu siapa lawan dari transaksi yang mereka lakukan. Beberapa objek yang dijual melalui bursa ialah mata uang, komoditas, efek, kontrak berjangka, serta kontrak hak dan jual-beli.

6. Kustodian

Istilah Kustodian kerap disamakan sebagai ‘tempat titipan’. Pasalnya, Kustodian merupakan pihak yang membantu berbagai proses transaksi saham dengan menampung saldo, deviden, dana, bunga, dan lain sebagainya, dari investor selaku nasabahnya.

7. Capital Loss

Capital Loss merupakan istilah yang menunjukkan berapa kerugian yang akan ditanggung oleh investor sebagai akibat dari adanya selisih harga penjualan saham yang lebih rendah dibandingkan dengan harga belinya.

8. Capital Gain

istilah dalam investasi saham
Keuntungan yang didapat dari investasi saham disebut Capital Gain

Sebaliknya, Capital Gain digunakan untuk menyebut keuntungan atau laba yang berhasil diperoleh dari adanya selisih lebih harga penjualan dengan harga beli saham.

9. Bullish

Bullish merupakan sebuah media yang akan menunjukkan pergerakan harga saham dalam jangka waktu tertentu untuk kondisi harga yang cenderung meningkat/naik.

10. Bearish

Bearish merupakan kebalikan dari Bullish yang mana akan menggambarkan kondisi pergerakan harga saham yang cenderung turun untuk jangka waktu tertentu.

11. Analisa Fundamental

Dalam analisa fundamental, akan dipelajari tentang hal-hal yang berkaitan dengan kondisi dari laporan keuangan suatu perusahaan berdasarkan rasio-rasio, baik itu yang berhubungan langsung dengan keuangan maupun non-keuangan seperti halnya tata kelola perusahaan, brand, dan lainnya.

12. Deviden

Keuntungan atau laba yang diterima oleh investor saham dari keuntungan perusahaan ketika menjalankan usahanya dalam satu periode disebut sebagai Dividen.

13. Watchlist

Ada setidaknya 625 saham yang sudah tercatat di BEI. Tentunya, investor tidak akan mampu untuk memantau semuanya dalam satu waktu. Oleh karena itu, Anda hanya perlu memantau sebagian saham yang dinilai memiliki kriteria investasi yang sesuai dengan keinginan Anda. misalnya saja Blue Chip, kinerja keuangan yang bagus, market cap terbesar, atau kriteria-kriteria lainnya.

Penggunaan Watchlist juga akan membantu investor agar bisa lebih fokus pada jenis saham yang hendak diincar. Sehingga ketika ada kesempatan untuk membelinya, investor sudah tahu saham mana yang harus dibeli.

Beberapa istilah di atas hanyalah segelintir kecil dari total istilah pasar modal a-z yang wajib untuk diketahui oleh investor sebelum dirinya terjun ke dunia forex. Namun diharapkan informasi ini bisa semakin memperluas pengetahuan kalian tentang dunia saham ya!