Berbagai Tips Jualan Komputer yang Sukses Bagi Pemula

tips jualan komputer

Berkembangnya teknologi menyeret usaha jual beli perangkat dan peralatan digital seperti komputer menaiki puncak kejayaannya. Tentu, hal ini memiliki peluang usaha yang baik untuk dicoba. Akan tetapi, jika seorang pengusaha hanya menjajal usaha ini tanpa disertai dengan kiat yang benar, hampir bisa dipastikan perkembangan usaha tersebut tidak akan meningkat secara signifikan. Lalu bagaimana tips jualan komputer agar laris manis yang efektif?

Tips Jualan Komputer di Toko 

Faktanya, selain ketelatenan, dibutuhkan taktik dan strategi untuk meningkatkan penjualan komputer. Informasi lebih lengkap terkait dengan kiat jualan komputer adalah sebagai berikut:

1. Memastikan Kesiapan Modal

tips jualan komputer
Jangan sampai modal yang dibutuhkan kurang ketika membuka usaha ini

Cara mendirikan toko komputer harus diawali dengan kesiapan modal. Berdasarkan pengalaman yang dibagikan oleh seseorang yang sukses dalam menjalankan usaha komputer, besaran keuntungan yang bisa diperoleh setiap bulannya mencapai 100 juta. Namun perlu dicatat, sebelum bisa mencapai posisi tersebut, pengusaha itu harus mengeluarkan biaya modal yang tidak sedikit. 20, 40, atau 60 juta menjadi angka yang wajar untuk memulai bisnis perangkat teknologi ini.

2. Menjual Komputer Bermerk Terkenal

Cara berbisnis secara franchise sudah cukup umum untuk dilakukan di Indonesia. Dengan menggaet produk bermerk terkenal, usaha yang ditekuni akan membuahkan hasil yang cukup besar. Pun demikian dengan bisnis komputer.

Menyediakan perangkat komputer keluaran perusahaan ternama akan membawa Anda dalam kesuksesan di waktu yang tergolong cepat. Salah satu merek komputer terkenal yang banyak disukai khalayak umum adalah Apple, HP, Dell, Acer, Asus, dan masih banyak lainnya.

3. Memilih Komputer Dengan Spesifikasi Terbaru

tips jualan komputer
Jual komputer dengan spesifikasi yang terbaru dan paling update

Sebagian orang lebih mementingkan fitur dan spesifikasi dari komputer, diatas brand yang menaunginya. Terlebih jika mereka memiliki preferensi kebutuhan sendiri akan pekerjaan atau hobinya, sehingga tidak bisa memilih komputer secara sembarangan. 

Pasalnya, spesifikasi yang dipasang dalam komputer sangatlah berpengaruh terhadap aktivitas pekerjaan yang akan mereka lakukan kedepannya. Oleh sebab itu, mengikuti perkembangan komputer berspesifikasi terbaru wajib untuk dilakukan oleh siapa saja yang hendak menggeluti dunia usaha elektronik.

4. Menyediakan Layanan Tambahan

Layanan tambahan seperti service dapat dipertimbangkan kembali untuk diadakan dalam toko komputer. Melalui layanan seperti ini, pembeli akan lebih yakin dan merasa nyaman untuk bertransaksi dengan toko yang Anda besarkan. Istilahnya seperti garansi untuk menjamin kualitas dari komputer tersebut.

Selain layanan tambahan, pengusaha juga bisa menjual produk pelengkap komputer. Misalnya saja adalah mouse, anti gores, sparepart, mouse pad, stiker, dan lain-lain.

5. Menyediakan Toko Online

tips jualan komputer
Berikan opsi toko online agar penjualan bisa makin luas

Sebagian orang lebih suka untuk bertransaksi secara online. Sama halnya dengan pakaian, makanan, atau aksesoris, transaksi pembelian komputer secara online juga banyak dilakukan masyarakat Indonesia beberapa waktu ke belakang. Kepraktisan, malas mendatangi toko, proses yang cepat, hingga promo toko online, menjadi salah satu alasan mengapa transaksi online dirasa lebih nyaman.

6. Customer First

Kenyamanan dari pelanggan menjadi hal yang paling utama dalam tips jualan komputer kali ini. Apalagi jika toko yang Anda dirikan cukup baru, pelayanan yang baik akan menjaga nama baik dari toko itu sendiri. Perlu diingat bahwasanya promosi yang paling efektif adalah promosi dari mulut ke mulut. Karenanya, meningkatkan kepuasan pelanggan menjadi salah satu langkah cerdas untuk meningkatkan penjualan komputer.

7. Promo Menarik

Sebagai pengusaha pemula, tentu Anda membutuhkan ‘nama’ yang baik di mata pelanggan. Salah satu hal yang bisa ditempuh untuk mendapatkan ‘nama’ tersebut adalah dengan menawarkan berbagai promo menarik. Sebut saja diskon grand opening dan hadiah untuk pembelian pertama.

Untuk mewujudkan usaha komputer sukses, diperlukan keuletan dan kesabaran dari pengusaha itu sendiri. Beberapa tips jualan komputer di atas juga bisa diterapkan agar usaha Anda semakin gemilang.