6 Jajanan Enak Khas Bandung yang Murah Meriah

Bandung disebut sebagai kota pariwisata karena memiliki potensi alam yang kaya. Nggak heran kalau di setiap jengkal kalian melangkah, pasti ada aja penginapan atau hotel di Bandung. Kalau dilihat dari sisi wisata kulinernya, Bandung juga memiliki beragam jenis kuliner khas yang terkenal murah pula. Nggak cuma murah, di Kota Kembang ini pun kalian akan menemukan banyak sekali inovasi makanan yang biasa menjadi super unik dan tentunya tetap lezat. Tapi sebelum banyaknya inovasi seperti saat ini, pernah nggak kamu cobain jajanan tradisional yang lezat dan Khas Bandung? Kalau belum, naahh ini nih daftar jajanan tradisional Khas Bandung yang murah dan juga enak.

Cireng

Ini nih yang namanya Cireng.
Photo credit: bukuresep.net

Cireng merupakan jajanan unik Khas Bandung yang berasal dari singkatan “Aci digoreng”. Bahan utamanya dari tepung kanji (aci) atau tapioka yang dicampur terigu, air, merica bubuk, garam, bawang putih, kedelai, daun bawang, dan minyak goreng buat menggoreng tentunya. Nggak cuma ada di Bandung sih, karena kalian juga biasanya bisa menemukan jajanan ini di setiap tukang gorengan sekitar kalian.

Cilok dan Cimol

Masih berbahan dasar aci atau tepung kanji, jajanan cilok dan cimol juga merupakan jajanan tradisional favorit yang harus kalian cicipi ketika di Bandung. Cilok itu singkatan dari “aci dicolok” (aci ditusuk) dan cimol adalah singkatan dari “aci digemol” atau dikunyah. Dalam penyajiannya, Cilok akan dibentuk bulat dan kemudian dikukus dan diisi dengan berbagai macam isi, seperti sosis dan telur. Ketika menyantap Cilok biasanya jajanan ini disajikan dengan bumbu kacang dan lalu diberi tusuk sate untuk pengganti sendoknya.

Naah sedangkan untuk Cimol, acinya akan tetap dibentuk bulat, hanya saja Cimol akan digoreng hingga mengembang. Rasa kenyal yang dihasilkan ketika kalian mengunyahnya inilah yang mendasari nama ‘digemol’ (dikunyah). Cimol biasanya disajikan dengan taburan bumbu seperti bubuk garam, cabe, kacang kering, perasa barbeque, jagung, dan juga pizza. Kalian bisa memilih rasa sesuai dengan selera. Kalau di Bandung sih, kalian bisa menyicipi cimol yang sudah terkenal yakni Cimol Boebat atau cimol Buah Batu yang dijual di trotoar Toserba Griya Jalan Buah Batu. Dekat kok dengan banyak hotel murah di Bandung yang berada di sepanjang jalan itu.

Seblak

Nah, kalau makanan tradisional yang satu ini memang eksistensinya sedang naik daun lagi beberapa waktu belakang ini. Apa kalian udah pernah mencicipi ‘Seblak’? Seblak ini merupakan jajanan unik khas Bandung yang bahan dasarnya kerupuk. Iya, Kerupuk mentah yang direbus atau digodok, trus diberi bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kencur, garam, dan penyedap rasa. Selain itu, seblak juga biasanya ditambahkan bahan pelengkap seperti telur, macaroni, bakso, ceker, kwetiaw, dan juga lainnya.

Lumpia Basah

Lumpia Basah ini salah satu jajanan favort saya nih!
Photo credit: zomato.com

Berbeda dengan lumpia goreng yang berasal dari Jawa Tengah, lumpia basah ini merupakan lumpia yang berasal dari Bandung dan terbuat dari tumisan telur, bawang, cabe rawit, tauge, dan bengkoang yang sudah direndam dengan gula merah sebelumnya. Setelah masak, isi tumisan tersebut akan dibungkus ke dalam kulit lumpia kering yang juga sudah dilapisi oleh gula merah yang dikentalkan. Lumpia basah ini biasanya dimakan dengan menggunakan sumpit bambu. Para penikmat yang suka pedes juga bisa menyantap lumpia basah ini dengan cabe rawit biar tambah nikmat. Salah satu penjual lumpia basah yang terkenal lezat di Bandung adalah penjual lumpia yang ada di depan Kampus ITB dan atau yang ada di depan Unpar. Meskipun berada di dekat kampus, di lokasi ini kalian juga bisa menemukan pilihan hotel murah di Bandung, beberapa di antaranya adalah hotel Jelita Parahyangan, Sukajadi Hotel, atau Beverly.

Batagor

Nah, kalau jajanan khas Bandung yang satu ini tentunya kalian udah sering dengar dong yaaa. Ya, Batagor atau baso tahu goreng merupakan jajanan tradisional Bandung yang sudah populer dan bahkan bisa ditemukan dimana-mana di luar Bandung sekalipun. Bahan dasar dari jajanan lezat mengenyangkan ini adalah tahu yang diisi dengan adonan ikan tenggiri dan tepung tapioka yang digoreng serta somay goreng. Batagor ini biasanya dihidangkan bersama saus kacang, kecap manis, dan perasan jeruk nipis.

Colenak

Kenyang dengan jajanan gurih di atas, kurang lengkap rasanya kalau nggak menyantap yang manis-manis. Jajanan unik khas Bandung satu ini sudah melegenda bahkan sudah ada sejak nenek kalian masih gadis, ya Colenak! Colenak merupakan singkatan dari “dicocol-enak” yang berbahan dasar tape atau peuyeum yang dibakar lalu disantap dengan dicocol ke saus gula jawa cair serta serutan kelapa. Colenak sudah ada sejak 1930 dan kini sudah banyak menu varian colenak yang terinovasi mengikuti selera zaman.

Nah, itulah beberapa jajanan tradisional Khas Bandung yang bisa kalian coba ketika berlibur ke kota Kembang ini. Apa ada yang sama atau mirip-mirip dengan jajanan yang ada di kota asalmu? Share cerita-ceritanya dong! Tapi yang jelas, ke manapun kalian pergi atau liburan, jangan lupa untuk memilih penginapan yang nyaman dan murah ya. Biar uang kalian bisa disimpan untuk jajan lagi besoknya hehehe. Kalian bisa melihat daftar hotel murah dan nyaman melalui aplikasi seperti Traveloka atau Airyrooms, banyak kok. Yuk saya tunggu kulineran di Bandung ya!

Leave a Reply

Recent Post