Keseruan Ultah Bandung dan Botram With Daihatsu

Waktu saya pertama kali pindah ke Bandung, saya belajar satu kosakata Sunda: Botram. Apa sih botram itu? Kalau yang saya tangkep sih, botram itu artinya piknik sambil makan bersama. Kebayang kan ya, kalo kita piknik di taman sambil bawa bekal makanan dan makan bersama dengan teman atau keluarga. Naahh, itulah botram.

Nah, di peringatan ulang tahun kota Bandung ke-207 tahun 2017 ini, pemerintah kota Bandung mengeglar acara yang bertemakan Botram. Kebetulan juga, bertepatan dengan ulangtahun sebuah merek otomotif Jepang yang sudah terkenal di Indonesia – yaitu Daihatsu, yang ke-110 juga tahun ini. Maka dibuatlah sebuah acara festival yang bernama Botram With Daihatsu. Pada tanggal 18 September 2017 yang lalu, diadakan press conference untuk acara ini di Pendopo Walikota Bandung. Saya dan teman-teman blogger yang hadir di sana udah nggak sabar ingin segera datang di perhelatan ini.

Bersama teman-teman blogger di acara press conference Botram With Daihatsu 2017

Botram dalam acara ini juga merupakan singkatan dari Bandung Oto Trade Market. Kenapa begitu? Karena untuk memeriahkan acara perayaan ini, pihak Daihatsu menyediakan 110 moko (mobil toko), yaitu mobil Daihatsu Gran Max yang telah dimodifikasi menjadi Mobil sekaligus Toko, untuk mendukung kegiatan usaha para pengusaha di kota Bandung. Keren ya!

Maka pada hari Sabtu tanggal 23 September 2017 kemarin, jalan Asia Afrika Bandung ditutup untuk acara Botram with Daihatsu ini sejak pukul 18.00 sampai 24.00, dan hari Minggunya dari pukul 06.00 pagi sampai 11.00 siang. Kebetulan saya datang pas pembukaan acara, hari Sabtu malam. Gilaaaa rame bangeeettt!

Keramaian di Jalan Asia Afrika di malam Minggu

Asli deh, saat itu rasanya seluruh warga Bandung tumplek blek menuh-menuhin jalan. Saya dan teman-teman sampai susah jalan menembus kerumunan terutama di depan pangggung utama yang menggelar aksi band-band lokal yang unjuk gigi. Boro-boro motret panggung deh hehehe. Tapi kita jalan sepanjang jalan Asia Afrika dan menikmati moko-moko yang berjualan macam-macam, mulai dari jualan komik sampai makanan dan minuman.

Mobil Gran Max yang dihias menjadi toko minuman

Moko (mobil toko) yang menjual makanan Sunda juga ada di acara Botram With Daihatsu

Semoga acara ini bisa menjadi salah satu hiburan untuk masyarakat Bandung ya. Kalau cuma setahun sekali sih okelah, tapi kalau sering-sering kan kasihan juga pengguna jalan raya yang jalanannya ditutup ya hehehe. Nanti semua orang pada komplen macet. Tapi demi ulangtahun Bandung, sekali-kali dimaklumi lah ya. Selamat ulang tahun kota Bandung, semoga tetap menjadi kota yang lovable dan livable!

Saya dan Andrew si Tukang Ngider berusaha menangkap keriaan Botram With Daihatsu melalui lensa kamera

Leave a Reply

Recent Post