Mau Jalan-Jalan atau Mudik? Mari Terbang Kembali!

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, semua orang pasti sudah sibuk persiapan mudik. Pasti kamu juga kan? Buat yang kampung halamannya nun jauh di mato, biasanya ada persiapan jauh-jauh hari banget ya. Karena untuk mendapatkan kendaraan buat mudik sekarang semakin berat persaingannya, hehehe. Kalau nggak punya kendaraan pribadi, pasti pakai jasa angkutan umum. Bisa bus, kereta, kapal laut, atau pesawat terbang.

Siap bepergian naik pesawat terbang?

Nah kalau yang terakhir ini sebenarnya (kalau menurut saya sih) paling nyaman dan paling cepat. Iyalah. Dari Jakarta ke Yogyakarta yang kalau naik mobil atau kereta bisa memakan waktu sekitar 7-8 jam, kalau naik pesawat sih cuma sejam. Memang harganya lebih mahal dibandingkan angkutan umum lain, tapi pelayanan dan kenyamanannya jelas lebih baik.

Karena selama ini saya sering banget pergi-pergi naik angkutan udara – nggak cuma buat mudik, tetapi justru lebih banyak bat traveling dan urusan pekerjaan, jadi saya mau bagi-bagi tips sedikit yaaa buat kamu yang mau mudik pakai pesawat.

  • Pesanlah tiket dari jauh-jauh hari
    Tiap maskapai penerbangan biasanya punya kebijakan harga sendiri-sendiri. Tapi biasanya sih, semakin jauh waktu keberangkatannya, harganya bisa semakin miring. Nah, jadi lebih baik kamu rencanakan dari jauh-jauh hari biar kamu bisa mendapatkan tiket pesawat dengan harga yang lebih murah daripada kalau kamu beli dadakan.

  • Selalu beli tiket di agen resmi ya, dan bandingkan harganya dengan tempat lain

  • Cermati barang-barang saat packing
    Usahakan kamu bawa barang-barang yang diperlukan aja. Yang sekiranya nggak perlu, nggak usah dibawalah. Ngeberat-beratin koper doang, buat apa? Kamu musti inget juga kapasitas bagasi kamu berapa. Standarnya sih di 15-20kg. Kalau lebih dari itu, kamu musti bayar ekstra bagasi deh. Dan perlu diingat juga kalau kamu tidak diperbolehkan membawa barang-barang seperti senjata tajam, yang mengandung gas berbahaya, cairan yang banyak, atau korek api. Daripada disita di bandara, mendingan kamu tinggal aja barang-barang yang sekiranya dapat membahayakan perjalanan kamu ya.

  • Perhatikan barang-barang bawaanmu, jangan ada yang berbahaya

  • Teliti nomor penerbangan dan pastikan Terminal Keberangkatannya
    Nah ini nih biasanya yang suka kelewat. Udah sok pede beli tiket pesawat, tapi trus lupa tanggal keberangkatannya. Atau lupa cek maskapainya, jadi salah turun di terminal keberangkatan. Hehehehe. Daripada buang waktu atau (jangan sampe deh) sampe buang tiket yang hangus gara-gara kamu lupa kapan musti berangkat, lebih baik kamu cek baik-baik tanggal dan waktu keberangatan, dan musti ke terminal mana untuk boarding ya.

  • Perhatikan waktu dan tempat keberangkatan pesawatmu

  • Datang ke Bandara minimal 30 menit sebelum check-in
    Sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan No. PM 185 Tahun 2015 pasal 18 (http://jdih.dephub.go.id/assets/uudocs/permen/2015/PM185Tahun_2015.pdf), setiap penumpang pesawat apapun nggak boleh dateng mepet waktu boarding. Minimal bangeeet, 30 menit sebelum check in. Kalau saya sih biasanya satu-dua jam sebelumya udah ada di bandara, soalnya buat jaga-jaga kalau aja waktu keberangkatannya dimajuin (eh beneran, saya pernah ngalamin soalnya). Better early than late!

  • Jangan suka mepet-mepet waktu datang ke bandara ya

  • Jangan pernah bercanda tentang bom
    Ancaman bom itu bukan hal yang main-main. Karena itu menyangkut nyawa orang – nggak cuma kamu tapi ratusan atau bahkan ribuan manusia yang akan melakukan perjalanan. Jadi, janganlah kamu bikin becandaan nggak sensitif tentang bom. Apalagi jaman sekarang isu itu sensitif banget ya. Kamu bisa ditahan atau bahkan dituntut lho. Sama sekali nggak lucu, kan.

  • Karena becanda tentang bom itu sama sekali nggak lucu

  • Patuhi peraturan di dalam pesawat
    Di dalam pesawat pun kita harus tertib dan mematuhi peraturan ya. Nggak usah berisik, lebay, apalagi mengganggu keselamatan penumpang lain. Nggak usah nyalain henpon atau watsapan dulu deh. Pakai sabuk pengaman dengan baik, dan perhatikan di mana letak alat-alat bantuan darurat.

  • Patuhi petunjuk pramugari di dalam pesawat supaya lebih nyaman dan aman

Kalau kitanya tertib, pastinya perjalanan kita bakal tetap aman dan nyaman selamanya, baik untuk diri kita sendiri maupun orang lain kok. Perjalanan mudik atau jalan-jalan pun bisa tetap selamat, aman, dan nyaman menggunakan transportasi udara. Jadi, bepergian dengan pesawat terbang pastinya jadi pengalaman yang meyenangkan. Dijamin kamu pasti pengen terbang lagi secepatnya, hehehe. Semoga tips-tips ini berguna dan kamu bisa selamat sampai di tujuan kamu ya.

Leave a Reply

Recent Post