Berbagi

XL Berbagi di SMAN 2 Cirebon

Sedari kecil, saya yakin sebagian besar dari kita diajari oleh orangtua untuk berbagi. Mulai dari berbagi mainan dengan teman, berbagi jajanan dengan kakak/adik, sampai berbagi sedikit rejeki yang kita miliki kepada orang lain yang lebih membutuhkan, alias sedekah. Iya nggak?
Berbagi itu nampaknya sederhana. Tetapi melibatkan emosi yang cukup besar. Untuk berbagi, seseorang harus memiliki empati terhadap orang lain. Keiklasan hati untuk melepaskan sebagian dari yang ia miliki, untuk dimiliki orang lain. Di kasus berbagi atas kesadaran sendiri, biasanya akan menimbulkan perasaan puas atau bahagia, karena dapat membuahkan kebaikan dan menimbulkan kebahagiaan bagi pihak lain. Sedangkan di kasus berbagi atas paksaan (seperti misalnya disuruh Mama berbagi coklat sama adik), biasanya menimbulkan perasaan sebal karena tidak rela. Hehehehe.

Tapi memang berbagi adalah sebuah tindakan kebaikan yang sepertinya diajarkan oleh semua agama, iya nggak sih. Jadi pastinya kebaikan ini membawa berkah baik untuk yang memberi maupun yang menerima.

XL Berbagi dengan para karyawan

Salah satu aksi berbagi yang menarik perhatian saya adalah XL Berbagi (Bersama Bangun Negeri) yang dilakukan di Cirebon beberapa waktu lalu. Program yang dibuat oleh sebuah perusahaan telekomunikasi ternama di Indonesia, yaitu XL Axiata. Uniknya, aksi berbagi ini melibatkan seluruh karyawan XL, juga murid-murid SMA Negeri 2 Cirebon. Kebetulan saya dan beberapa teman blogger berkesempatan untuk ikut serta di acara ini.

Program XL Berbagi ini adalah bagian dari program SCR yang melibatkan 1000 sekolah dari wilayah Bandung, Indramayu, Cirebon, Sleman, dan beberapa daerah lainnya. Seru banget sih, soalnya selain mengimplementasikan program 1000 Sekolah Broadband (yang memiliki sinyal 4G LTE), XL juga membagikan bantuan komputer dan akses internet gratis ke sekolah-sekolah tersebut. Nah, para karyawan XL juga berkesempatan untuk berbagi ilmu dan pengalaman kepada adik-adik SMA ini. Jadi benar-benar aksi Berbagi ini XL mengajak seluruh karyawan dan masyarakat untuk bersama bangun negeri kita.

XL memberikan bantuan komputer dan akses internet gratis ke 1000 sekolah

Kalau selama ini saya menggunakan provider XL karena selain nomornya bagus, sinyalnya juga oke dan harganya pas di kantong, sekarang bertambah lagi alasan saya untuk lebih menyukai telco yang satu ini. Program CSR yang melibatkan karyawan dan juga sekolah-sekolah di berbagai daerah ini membuka wawasan saya, bahwa berbagi itu bisa dalam bentuk apa saja, dan bisa berarti lebih jika disalurkan ke tempat-tempat yang sesuai.

Dimulai dari hal yang kecil, bisa jadi aksi berbagimu memberikan dampak yang besar untuk orang lain kan. Yuk, kita mulai berbagi.

Bersama teman-teman di SMAN 2 Cirebon

2 Comments

  1. Iya harus dong .. Mengalokasikan pemberian pada jalur2 yang tepat. Program.BERBAGI yang digelar oleh karyawan XL ini patut diacungi jempol. Karena saya sebagai masyarakat awam menjadi faham bahwa terdapat niat yg baik dari karyawan XL utk peduli dg lingkungan sekitarnya.

  2. Anak-anak SMA 2 itu pasti seneng banget, yang pasti lebih bisa produktif berkarya

Leave a Reply

Recent Post