Terdampar Bahagia di Pulau Tabuhan

Main-main ke Pulau Tabuhan yuk!

Salah satu tempat wisata yang oke banget di ujung Pulau Jawa adalah Pulau Tabuhan. Yah, sedikiiit melipir keluar pulau Jawa sih. Hehehe. Tepatnya di tengah Selat Bali. Waktu saya jalan-jalan ke Banyuwangi minggu lalu, saya berkesempatan mengunjungi pulau keren ini.

Untuk mencapai ke Pulau Tabuhan, dari pusat kota Banyuwangi saya menuju ke Desa Bangsring, kecamatan Wongsorejo. Dari pantai Bunder Bangsring kami naik kapal motor yang bisa diisi sampai 10 orang. Oya, untuk sewa kapal ini harganya sekitar Rp 600,000.

Bunder Bangsring, tempat awal menuju Pulau Tabuhan

Di Bunder Bangsring ini juga ada Rumah Apung, yaitu sebuah bangunan di tengah laut yang memungkinkan kita untuk wisata bawah laut. Sayangnya waktu saya cukup mepet jadi saya nggak sempat mampir ke sana sih. Tapi perjalanan dari pantai Bunder Bangsring menuju ke Pulau Tabuhan juga melewati Rumah Apung ini.

Rumah Apung di perjalanan menuju Pulau Tabuhan

Setelah menempuh perjalanan sekitar 20 menit, akhirnya sampai juga saya dan rombongan di Pulau Tabuhan. Ternyata pulau tak berpenghuni ini luasnya cuma sekitar 5 hektar, jadi bisalah dikelilingi jalan kaki. Pantainya berpasir putih, dan ada ayunan di pantainya yang sudah pasti jadi spot favorit buat berfoto.

Ayunan cantik yang jadi spot foto favorit di Tabuhan

Saya sudah cukup bahagia bisa menggelar kain pantai dan berbaring santai menikmati suara deburan ombak di pasir putihnya. Karena waktu saya sampai di sana sudah nyaris sunset, jadi cuacanya sudah tidak panas terik. Kalau bersantai di pantai ini, rasanya seperti terdampar di pulau kecil tak berpenghuni. Seperti di film-film gitu lho, hahaha. Mungkin pulau ini emang cocok juga yah jadi setting film.

Menunggu matahari tenggelam di Pulau Tabuhan.
Photo by Mawski

Di Pulau Tabuhan ini juga ada ayunan yang bisa kamu pakai buat memandang ke arah laut – tapi paling populer sebagai spot foto-foto sih, hehehe. Bener-bener jadi adegan terdampar bahagia di pantai sih.

Berayun di Pulau Tabuhan!
Photo by Fahmi Catperku.com

Karena air lautnya jernih sekali, terumbu karang yang ada di sekitar Pulau Tabuhan ini juga bagus lho. Belum lagi ikan-ikan yang cantik berwarna-warni yang suka sliweran. Kalau mau, bisa juga snorkling di sekitar Pulau Tabuhan ini. Cukup mengeluarkan biaya Rp 45,000 per orang untuk menyewa perlengkapan snorkling, kamu bisa menikmati keindahan bawah laut yang nggak kalah kerennya dengan yang di luar Jawa.

Beruntung saya datang ke pulau ini bersama dengan teman-teman yang jago motret, seperti kak Mawski dan kak Fahmi. Jadi puas deh saya dapet foto-foto keren di Pulau Tabuhan, hihihi. Kalau suatu saat kamu berkesempatan ke Banyuwangi, jangan lewatkan pulau yang satu ini ya. Jangan lupa bawa kamera dan bersenang-senang ya!

Main ombak!
Photo by Mawski

6 Comments

  1. Virgo

    gak sempet berenang di lautnya ya, banyak bulu babinya gak haha

    • Kalo Tabuhan emang spot buat snorkling Vir, jadi kudunya sih bersih dari bulu babi yah…. tapi emang jernih bgt sih airnya 😀 Cobain yok

  2. Kalo gak dikasih tahu nama tempatnya, aku bakal ngira in Belitung. Cakeeep…

    • Bagus yaaaa bahkan ada ayunan2nya gitu kaya di Lombok hihihihihi

  3. Duhh, aku belum sempat kesini :((

  4. Main ke sini kaakk dijamin nggak nyesel kok 🙂

Leave a Reply

Recent Post