Pesona Banyuwangi : 4 Tempat Eksotis Bermain Ombak di Ujung Timur Jawa

Kunjungi pantai-pantai asik di Banyuwangi ini!

Tinggal di negara kepulauan seperti Indonesia ini memiliki banyak sekali keuntungan, salah satunya adalah kita jadi punya banyaaak sekali pantai-pantai yang cantik. Tidak hanya di pulau-pulau yang populer seperti Bali, Lombok, atau Derawan. Nggak perlu jauh-jauh deh, masih di pulau Jawa aja kita punya banyak banget spot-spot memantai yang oke.

Salah satu daerah yang memiliki pantai-pantai keren ini adalah Banyuwangi. Sebagai kota terujung timur di pulau Jawa, Banyuwangi yang dulu hanya dikenal sebagai tempat penyeberangan dari Jawa ke Bali, kini sudah semakin menata potensi-potensi pariwisatanya sehingga semakin dikenal masyarakat. Ternyata banyak juga tempat asik di kota ini yang nggak kalah asiknya dari pulau sebelah.

Berdasarkan perjalanan saya selama 4 hari di Banyuwangi, akhirnya saya nemu empat spot yang asik banget nih buat main-main air di pantai. Kalau kamu ke Banyuwangi, bisa intip nih:

  1. Pulau Tabuhan

    Berayun di Pulau Tabuhan
    Photo by Fahmi Catperku.com


    Pulau Tabuhan ini terletak di antara pulau Jawa dan Bali, tepatnya di tengah-tengah selat Bali. Untuk mencapai ke pulau yang luasnya hanya sekitar 5 hektar ini, kamu harus menyewa perahu dari Desa Bangsring (Bunder Bangsring), Banyuwangi. Serunya, pulau ini pasirnya putih dan airnya biru jerniih banget, sehingga kamu juga bisa snorkling melihat terumbu-terumbu karang yang cantik atau main kite boarding. Atau duduk leyeh-leyeh di ayunan sambil memandang matahari tenggelam juga oke banget. Cerita tentang pulau ini ada di artikel blog saya yang selanjutnya ya.

  2. Pantai Batu

    Pantai Batu, Banyuwangi


    Kalau kamu masuk ke dalam Taman Nasional Meru Betiri dan mengambil rute tracking menuju Teluk Hijau (Green Bay), kamu akan melewati sebuah pantai yang dipenuhi dengan bebatuan. Orang-orang menyebutnya Pantai Batu. Pantai ini memang tersembunyi di sisi hutan, jadi relatif sepi karena biasanya hanya dilewati untuk menuju ke Teluk Hijau. Padahal kalau kamu berhenti sejenak dan memandang ke arah laut lepas, kamu akan menyadari betapa indahnya ciptaan Tuhan yang satu ini. Bebatuan karang yang sebagian bulat-bulat terkikis ombak berwarna abu-abu dan putih, kontras dengan warna pasir yang abu-abu dan buih ombak yang putih. Warna gradasinya bagus banget.

  3. Teluk Hijau (Green Bay)

    Pantai Teluk Hijau (Green Bay)


    Ini adalah salah satu destinasi wisata paling populer di Banyuwangi. Teluk Hijau atau yang biasa disebut Green Bay oleh para wisatawan asing ini memiliki pantai berpasir putih, dengan beberapa karang di pinggiran dan juga air terjun setinggi 8 meter di sisi yang lain. Kalau ke Banyuwangi, rasanya tempat ini wajib deh untuk dikunjungi. Cerita tentang Teluk Hijau saya tuliskan di artikel blog tersendiri ya.

  4. Pulau Merah

    Sunset di Pulau Merah


    Pantai Pulau Merah yang terletak di daerah selatan Banyuwangi ini adalah spot yang asik banget buat yang suka surfing alias berselancar. Karena selain ombaknya yang oke, pantainya pun bersih dan hamparan pasir putihnya luas banget buat bermain-main ataupun leyeh-leyeh di bawah payung pantai. Buat yang datang bareng keluarga atau anak kecil pun aman, karena ada lifeguards alias para penjaga pantai yang siap menjaga dan membantu para wisatawan sepanjang pantai. Kenapa namanya Pulau Merah? Karena di depan pantai ini ada sebuah pulau kecil yang di waktu-waktu tertentu, pulau dan laut sekitarnya akan memancarkan warna kemerahan akibat kandungan mineral emas yang ada di daerah itu. Pemandangan waktu matahari tenggelamnya sih juara banget!

Dikejar ombak sambil selfie bareng kak Fahmi, kak Aini, kak Rinda, dan kak Mawski di pantai Pulau Merah

Yah, sebenarnya masih ada lagi sih pantai-pantai lain yang belum sempet saya kunjungi di Banyuwangi. Tapi keempat tempat ini aja udah bikin saya terkagum-kagum selama berada di ujung pulau Jawa ini, dan pastinya sekarang saya jadi pengen balik ke sana lagi.

Kalau kamu tahu pantai-pantai lain yang asik di Banyuwangi, boleh share dong di kolom komentar di bawah ini ya. Siapa tau nanti saya ada kesempatan lagi buat balik ke sana lagi, bisalah kita jalan-jalan bareng ๐Ÿ™‚ Yuk!

7 Comments

  1. ucheefadz

    Ayunan di Pulau Tabuhan bikin ingin kesanaa yaaaa. huhuhu

    • ayokkk maiiinn kesanaaa ๐Ÿ˜€ deket iniih

  2. Ih Banyuwangi ternyata Indah, ya. Kapaaaan aku bisa ke sono. Ajaaaaakin. ๐Ÿ˜€

    • ayok teteh yg sibuk selaluuuu siapin waktunyaa kita jalan-jalan bareng hihihihi ๐Ÿ˜€

  3. Virgo

    Wah masih asri dan bersih ya, semoga bisa tetep bersih terus

  4. kandungan mineral emas? wow … mewah sekali ya pulau merah ๐Ÿ™‚

    Asli pengen ke pulau Merah liat yang surfing.. liatin aja ๐Ÿ™‚

    • iya kang, emang bukit di sebelah pantai itu mengandung emas… dan dulu penduduk sekitar situ emang kerjaannya jadi penambang emas tradisional, sampai akhirnya bukit itu dibeli oleh (bakal) cagub Jkt yg kayaraya itu dan sekarang jadi tambang emas miliknya dan menelantarkan penduduk sekitar :/

Leave a Reply

Recent Post