Cegah Depresi? Pakai Masker Saat Naik Motor!

Kalian pernah nyadar nggak sih, kalau lagi naik motor di jalan raya, banyaaaak banget polusi asap dari knalpot kendaraan-kendaraan sekitar? Polusi itu kan bahaya banget ya, buat kesehatan kita. Minimal kalo kita menghirup aja pas sesek banget rasanya. Apalagi buat kalian yang hobi naik motor (motor pribadi maupun ojek) seperti saya. Udah pasti polusi asap itu jadi ‘makanan’ sehari-hari. Kebayang kan gimana rentannya badan kita.

Nggak cuma paru-paru yang kena imbas buruk dari polusi udara tadi, tapi mental kita juga. Iya kan, coba deh. Siapa yang nggak bete kalo lagi berangkat kerja/sekolah, udah dandan cakep-cakep, trus disentor asap knalpot dari bis di depan. Kesel kan. Makanya orang-orang terutama di daerah perkotaan itu rentan banget dengan depresi. Karena di jalan aja udah jelek banget moodnya gara-gara kena polusi. Akibatnya ternyata lumayan juga ke perkembangan mental. Makanya kadang kita banyak temui orang-orang – atau mungkin teman-teman di sekitar kita, atau bahkan kita sendiri yang mudah terkena depresi. Kondisi depresi ini ditandai dengan perasaan yang menurun seperti muram, sedih sampai perasaan tertekan. Kamu pernah ngerasa kaya gitu? Saya sih pernah. Dan penyebabnya salah satunya ya itu dia, kena polusi. Kalau kata riset WHO sih ya, di tahun 2015 aja udah lebih dari 300 juta orang menderita depresi atau setara dengan 4,4 persen dari populasi dunia. Sementara di Indonesia, sebanyak 9,1 juta orang menderita depresi atau sekitar 3,7 persen dari populasi.

Asap polusi di jalan raya, berbahaya lho gaes.

Salah satu cara untuk mencegah paparan polusi ini, dan juga untuk menghindari meluasnya perasaan depresi ke mana-mana, bisa dengan menggunakan masker saat berkendara di jalan raya. Saya sih hampir selalu pake masker kalo lagi naik motor, soalnya kan parah banget ya polusi di jalan raya. Nah, ternyata nggak cuma saya. Portal Otomotif No. 1 di Indonesia, Mobil123.com dan media online lifestyle Otospirit.com kemarin juga mengadakan kegiatan sosial “mask for bikers“. Sebanyak 1.000 masker dibagikan kepada pengguna kendaraan sepedamotor yang melintasi Jalan Radin Inten 2 Buaran, Jakarta Timur. Dari pukul 16.00 – 17.00 WIB, ada 15 bikers dari lima komunitas sepedamotor (Journalist N-Max Club, Suzuki GSX Club Indonesia, Ninja Injection Owners, Jakarta Max Owner Club, dan Vario Owner Medias) yang turut membagikan seribu masker kepada para pengguna jalan.

Ada 15 bikers dari 5 komunitas yang ikutan bagi-bagi masker di Jakarta Timur kemarin.

Menurut Direktur Mobil123.com dan Otospirit.com, Regia Glamouria, kegiatan ini untuk menyambut Hari Kesehatan Dunia pada 7 April kemarin. Untuk tahun ini, tema global Hari Kesehatan Dunia adalah “Depression: Let’s Talk”. “Kami merasa masalah depresi ini menjadi tanggung jawab bersama. Kami telah memutuskan untuk fokus Hari Kesehatan Dunia 2017 dengan menggelar kegiatan yang mengarah pada kesehatan lebih baik dengan membagikan masker kepada pengguna sepedamotor,” katanya. Yah, karena polusi udara emang berpotensi mengacaukan pikiran dan merusak kesehatan manusia, makanya masker sangat bermanfaat bagi pemotor seperti saya ini agar terhindar dari polusi saat berangkat ke sekolah, kampus atau tempat kerja.

Pakai masker biar nggak kena polusi!

Jadi mulai sekarang, lebih baik kita cegah depresi dengan lebih memperhatikan kesehatan diri kita sendiri yuk. Bisa dimulai dengan satu tindakan sederhana: pakai masker kalau naik motor. Gampang kan 🙂

Leave a Reply

Recent Post