Menikmati Liburan Musim Panas di Sydney, Australia

ratri-liburan-musim-panas-sydney-australia-blogcover

Kalau di negara kita yang berada di garis khatulistiwa, hampir sepanjang tahun adalah musim panas ya. Yah, memang ada musim kemarau dan musim hujan, tapi perbedaan suhunya tidak seekstrim di negara-negara yang berada di belahan utara dan selatan bumi. Sementara di Eropa atau Amerika, biasanya mempunyai empat musim; musim panas, musim dingin, musim gugur, dan musim semi. Nah, musim panas rata-rata sama seperti musim liburan sekolah di Indonesia, yaitu dari bulan Juni sampai Agustus.

Berbeda dengan Australia, negara tetangga kita, yang berada di selatan Indonesia. Mungkin belum banyak yang tau, kalau musim panas di Australia itu justru berlangsung dari bulan Desember sampai Februari lho. Hehehe kebalikan ya dengan negara lainnya. Jadi kalau kamu merencanakan wisata ke Australia pas liburan Natal dan tahun baru besok, pastikan kamu pakai kostum yang sesuai dengan musimnya ya.

Salah satu kota favorit saya di Australia adalah Sydney. Kenapa Sydney? Karena selain kota ini adalah melting pot – alias tempat berbaurnya manusia dari berbagai ras, suku, dan budaya; Sydney juga punya berbagai objek wisata yang nggak ada habisnya untuk didatangi. Akses / transportasi di kota Sydney juga gampang kok. Kamu bisa naik tram, kereta atau bus untuk jalan-jalan keliling kota. Di sana kamu bisa memakai kartu Opal, semacam kartu e-money yang bisa dipakai untuk bayar kereta atau bus supaya lebih praktis dan murah, bahkan lebih untung kalau kamu banyak jalan-jalan. Pastikan kamu punya peta dan perhatikan rute-rute angkutan umum supaya kamu nggak kesasar di sana.

Berikut saya beri kisi-kisi tempat-tempat asik yang wajib kamu kunjungi ya.

Sydney Opera House
Gedung yang menjadi icon kota Sydney ini sudah tentu wajib dikunjungi. Gedung yang dirancang oleh arsitek asal Denmark, Jorn Utzon ini dibuka pada tahun 1973 dan menjadi tempat yang paling diminati semua turis yang datang ke Sydney. Kamu bisa menonton pertunjukan balet, opera, atau bahkan konser musik di sini – asal kamu cek dulu aja jadwal pertunjukannya ya.

Sydney Opera House dilihat dari kapal ferry. Cantik ya!

Sydney Opera House dilihat dari kapal ferry. Cantik ya!

Royal Botanical Garden
Salah satu tempat paling menyenangkan yang asik dikunjungi adalah kebun botanikal yang sudah ada sejak tahun 1816 ini. Taman seluas 30 hektar ini punya beragam jenis tanaman, ada rumah kaca dan gedung cantik juga di dalamnya. Pengunjung bisa jalan-jalan dengan ditemani guide yang akan menceritakan sejarah taman ini, beli bibit-bibi tanaman, atau bahkan ikut workshop berkebun.

Kebun raya ini asik banget buat jalan-jalan

Kebun raya ini asik banget buat jalan-jalan

Manly Sea Life Sanctuary
Tidak hanya taman cantik, di Sydney juga ada akuarium yang super asik buat didatengin. Di dalam Manly Sea Life Sanctuary ini kamu bisa lihat beragam jenis ikan, bisa berenang bareng hiu juga kalau mau. Ada juga penguin-penguin imut yang bikin gemas. Anak-anak sudah pasti bakal senang main ke sini, tapi orang dewasa juga nggak akan kalah girangnya kok.

Ada penyu dan ikan-ikan lucu di Manly Sea Life Sanctuary ini!

Ada penyu dan ikan-ikan lucu di Manly Sea Life Sanctuary ini!

Taronga Zoo
Kalau ingin melihat lebih banyak lagi koleksi hewan-hewan di Australia, kamu haus ke Taronga Zoo. Kebun binatang ini bagus banget, hewan-hewannya juga terperlihara dengan baik. Kamu bisa ikutan ngasih makan kanguru, atau main bersama koala yang lucu.

Main sama koala di Taronga Zoo

Main sama koala di Taronga Zoo

The Rocks
Salah satu tempat yang paling asik buat jalan-jalan di Sydney adalah daerah yang namanya The Rocks. Daerah ini terdiri dari bangunan-bangunan tua yang bersejarah, museum, galeri seni, dan cafe yang seru. Pastikan kamu bawa kamera dan memory yang besar ya, karena tempatnya cantik banget buat foto-foto. Kalau kamu pengen seru-seruan di The Rocks, kamu juga bisa ikutan Ghost Tour lho! Hihihi lucu juga yah uji nyali di negara tetangga. Yah, kalau kamu berani sih hehehe.

Suasana di The Rocks, Sydney. Photo by whereintheworldispennyk.com

Suasana di The Rocks, Sydney. Photo by whereintheworldispennyk.com

Bondi Beach
Liburan musim panas sudah tentu identik dengan main-main ke pantai. Salah satu pantai yang paling ngetop di Sydney adalah Bondi Beach. Nggak cuma buat main air atau berjemur di pinggirannya, di pantai ini juga sering ada pemotretan model-model dan syuting film juga lho. Siapa tau kamu ketemu dengan artis idola kamu pas lagi main ombak di Bondi kan, hehehe.

Bondi Beach yang selalu ramai pengunjung

Bondi Beach yang selalu ramai pengunjung

McIver’s Women Baths
Selain pantai, ada juga tempat berenang yang asik di tepi laut. Salah satunya di Coogee, ada yang namanya McIvers Ladies Baths. Tempat ini semacam kolam raksasa yang dibangun di sisi laut, jadi airnya sih air laut, tapi seperti kolam renang. Seru banget! Tempat ini sudah dibangun sejak tahun 1860an lho. Asiknya lagi, McIvers ini tempatnya khusus buat cewek. Jadi buat para perempuan muslim yang berhijab bisa leluasa main air atau berjemur di sini.

Kolam air laut yang nyaman buat perempuan di McIvers. Photo by swimsallyswim.blogspot.com

Kolam air laut yang nyaman buat perempuan di McIvers. Photo by swimsallyswim.blogspot.com

Masih banyak lagi sih tempat-tempat seru yang sayang dilewatkan, tapi kalau saya tulis semua nanti blog ini bakalan panjang banget, hehehe. Selain jalan-jalan ke tempat-tempat tadi, jangan lupa juga untuk mencicipi makanan-makanan enak di Sydney ya. Sebenarnya kalau kamu mencari makanan khas Sydney, kamu akan menemukan banyak makanan enak yang merupakan fusion dari berbagai budaya yang ada di Sydney. Maklum, karena di kota ini bercampur banyak suku dan budaya, maka banyak sekali makanan enak ala barat dan juga makanan ala Asia yang bikin ketagihan.

Kalau ngomongin makanan enak di Sydney, pasti orang akan teringat akan meat pie (pai daging) ala Australia yang super lezat itu. Memang sepertinya orang Australia suka makan daging ya, hehehe. Kamu wajib mencicipi pai daging di Sydney, salah satunya yang paling terkenal ada di Harry’s Cafe De Wheels. Dijamin bakal ketagihan deh!

Pai daging yang terkenal di Sydney. Photo by John Fotiadis dailytelegraph.com.au

Pai daging yang terkenal di Sydney. Photo by John Fotiadis dailytelegraph.com.au

Karena Sydney merupakan salah satu kota pelabuhan di Australia, makanya nggak heran kalau di sini jagoannya seafood. Ikan-ikan di Sydney Fish Market terkenal sekali akan kesegarannya. Di Sydney Fish Market ini, kamu bisa langsung mencicipi aneka olahan seafood yang super lezat: mulai dari sushi dan sashimi yang segar, gurita bakar yang gurih, sampai paket lobster dan kerang yang bikin puas buat berdua.

Mau udang segar? Di Sydney Fish Market banyak!

Mau udang segar? Di Sydney Fish Market banyak!

Jangan salah, walaupun namanya fish market (pasar ikan), tapi tempat ini nggak seperti pasar ikan yang jorok dan kumuh ya. Selain jajaran tukang ikan yang bersih, juga ada jajaran tempat-tempat buat kamu makan dan jalan-jalan melihat ikan-ikan segar maupun yang diolah. Tentu saja kamu juga wajib mencoba Fish and Chips yang pas banget buat teman jalan-jalan.

Fish and chips, alias ikan dan kentang goreng favorit nih

Fish and chips, alias ikan dan kentang goreng favorit nih

Selain seafood, salah satu makanan yang disebut-sebut sebagai makanan khas Australia adalah The Lamington. Lamington adalah sejenis kue bolu yang dibalut lapisan parutan kelapa dan selai coklat atau beri. Rasanya unik dan gurih! Bahkan di Australia sampai ada National Lamington Day yang dirayakan setiap tanggal 21 Juli saking populernya kue ini.

Lamington cake di Flour & Stone bakery, Sydney

Lamington cake di Flour & Stone bakery, Sydney

Salah satu yang paling terkenal ada di Flour And Stone, sebuah toko kue yang terletak di Woolloomooloo. Sekarang-sekarang ini sih lagi ngetren banget lamington rasa green tea matcha, yang bisa kamu dapetin di Cafe Oratnek, daerah Redfern, Sydney.

Lamngton rasa Green Tea Matcha di Cafe Oratnek. Photo by eatdrinkplay.com

Lamngton rasa Green Tea Matcha di Cafe Oratnek. Photo by eatdrinkplay.com

Tidak hanya Lamington, makanan yang wajib dicicipi sambil menikmati suasana kota Sydney adalah Pancake. Kalau kamu jalan-jalan ke daerah The Rocks, kamu bisa memesan pancake super enak di Pancakes On The Rocks yang rasanya istimewa banget. Rasanya jadi tambah betah deh di kota ini, hehehe.

Pancake degan eskrim dan saus coklat di The Rocks, nyaammm! Photo by fooddiarysyd.net/

Pancake degan eskrim dan saus coklat di The Rocks, nyaammm! Photo by fooddiarysyd.net/

Masih banyak lagi sih makanan enak yang bisa disantap di Sydney. Itu sebabnya rasanya sayang kalau cuma sebentar di kota ini. Suasana kota yang ramah, tempat-tempat yang seru, ditambah makanan-makanan yang enak, membuat liburan musim panas di Sydney akan terasa sangat menyenangkan.

Kalau sudah pernah ke kota ini, pasti kamu akan kangen ingin datang lagi. Belum pernah ke Sydney? Jangan sedih. Sekarang sudah banyak kok paket tour yang terjangkau dan berkualitas. Kamu bisa mulai menabung dari sekarang kan. Untuk info yang lengkap, coba cek situs-situs travel yang terpercaya seperti H.I.S. Selain berkualitas, juga akan sangat membantu kamu merencanakan liburan yang nggak pake repot deh. Cek juga Facebooknya di https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia ya.

Pengen liburan gratis ke Sydney juga bisa… Klik aja banner di bawah ini ya. Yuk, siap-siap liburan ke Sydney!

13 Comments

  1. Lengkap banget.. daan pasar ikannya kok bersih yaa 😀

    • Ratri

      iyaaa pasar ikannya ga bisa dibandingin ama yang di sini hihihihi

  2. Sydney yang paling saya ingat, P Sherman 42 Wallaby Way…

    • Ratri

      wahahahahahaha tempat nyari anak ikan ilang ya :))

  3. Ken Ratri Iswari

    Harus prepare budget berapa buat ke Sydney?

    • Ratri

      duh budget sih tergantung kemampuan shay hahaha kalo mau mevvah sih 100 juta juga ga cukup hihihi

  4. ybs

    Ajak-ajak dong kalau ke Aussie!

    • Ratri

      hmmmm… kayanya kebalik nih…. harusnya aku yg diajak ama om YBS 😛

  5. MarcelloGunadirdja??

    Ikuuuutttttt

    • Ratri

      ke manaaaa #lho

  6. Mau ikutan kachiiiiib! Btw lamingtonnya bikin pengen iiih apalagi yang matcha ??

    • Ratri

      hayuukk ikutan! hahaha sayangnya Lamington cuma ada di sono doang 😀 tapi meat pie nya ada lhooo

  7. D Sukmana Adi

    ini kalau bisa menang ke australia pasti keren

Leave a Reply

Recent Post