Pssst, Katanya Kamu Blogger Ya?

Blogger itu apa sih? Itu lho, orang yang suka menulis tentang sebuah topik tertentu (bisa curhatan, review, opini, atau apalah gitu) di weblog atau yang biasa disingkat blog. Kalau kata Ndoro Kakung, blogger itu bahasa Indonesianya jadi narablog. Oke. Saya baru tahu lho, Ndor.

Ini blog saya dari tahun 2003 sampai 2012. Silakan lho yang mau baca-baca.

Ini blog saya dari tahun 2003 sampai 2012. Silakan lho yang mau baca-baca.

Katanya, saya ini blogger. Kenapa? Karena sejak tahun 2003 saya suka banget nulis-nulis (walaupun banyak yang nggak jelas juntrungannya) di blog saya. Kala itu saya memakai blogspot sebagai garasinya. Nmanya juga anak kuliahan, isinya ya masih banyak curhatan dan cerita keseharian. Kadang ada review buku dan musik yang saya suka. Kebanyakan pakai bahasa Inggris, bukan karena saya keminggris, tapi karena entah kenapa saat itu lebih nyaman aja nulis in English – kayanya ini sih dipengaruhi oleh teman-teman sesama blogger masa itu yang saya tahu, lebih banyak di luar Indonesia. Ironisnya, justru beberapa teman blogger saya yang dulu lebih aktif daripada saya, sekarang malah pada lupa password blog nya, hehehe. Ya nggak apa-apa juga sih, karena sekarang pun mereka lebih aktif di social media seperti Twitter dan Facebook, jadi kami tetap berhubungan baik. Dan mereka tetap rajin membaca blog-blog saya hihihi.

Iyalah, tahun 2003 jarang banget nemu blogger yang ngaku blogger (lah). Nggak ada tuh social media yang ngangkat tentang blogger kaya Facebook dan Twitter jaman sekarang. Saya aja masih pake Friendster dan mIRC hehehe. Kalau kata Twitternya Ndoro, pencanangan tanggal 27 Oktober ini sebagai Hari Blogger Nasional itu pada saat acara Pesta Blogger tahun 2007 oleh menteri Pendidikan kala itu, bapak M. Nuh. Taun itu saya liat semua blogger Indonesia sih seleb semua. Dan kayanya belum ada nyinyir-nyinyiran tentang blogger berbayar atau blogger reviewan, hihihi. Semua ngeblog karena bener-bener ingin menuangkan pikiran ke dalam blog. Apapun itu.

Ini blog khusus kuliner saya. Mampir ya!

Ini blog khusus kuliner saya. Mampir ya!

Sekarang setelah saya pindah alamat ke ratri.net, isi blog saya ini lebih terkendali. Hehehe. Ada cerita-cerita tentang perjalanan saya kesana-kemari, ada cerita tentang musik yang saya suka, ada resensi buku-buku favorit saya, atau review tentang beberapa brand yang saya ikuti eventnya. Beberapa tulisan juga cuma semata-mata sebagai opini random saya, atau tentang hal yang biasa kita temui di kehidupan sehari-hari. Untuk urusan kuliner, saya bikin blog tersendiri, yaitu Nyicip.com yang saya kelola bareng kokidrummer Leon Legoh.

Jadi blogger itu nggak musti tentang review dan curhat doang, gaes. Nggak penting lah dikotak-kotakkan gitu. Sampai sekarang kadang saya masih suka nyengir-nyengir sendiri kalau ada yang ribut-ribut masalah blogger itu kudu begitu begini. Nggak boleh anu itu. Padahal waktu ngobrol sama mas Enda Nasution – yang konon katanya sih disebut-sebut sebagai Bapak Blogger Indonesia (ehciieeeh), blogger jaman dulu mah nggak kaya sekarang. Tapi apa itu jadi masalah? Nggak juga.

Yang saya tahu, dengan hobi ngeblog saya ini, saya ngerasa dapet banyak manfaat. Mulai dari jaringan pertemanan yang baik, kenalan dengan brand-brand, tawaran pekerjaan yang menarik, gabung dengan komunitas-komunitas asik, tawaran jalan-jalan dan makan, sampai diekspos ke beberapa media. Thank God I’m a blogger! Mungkin keuntungan-keuntungan inilah yang bikin banyak orang pengen jadi blogger. Bukan hanya karena emang hobi, tapi karena pengen dapet keuntungan itu. Ya sah-sah aja sih.

Jadi kalau ditanya, gimana sih caranya jadi blogger? Saya pernah diwawancara oleh sebuah brand clothing Bandung, Invictus, tentang hal ini. Jawaban saya: “Siapapun bisa jadi blogger, kalau dia mau menuangkan pikirannya ke dalam tulisan.”

Itu menurut saya sih. Kalau menurut kamu lain, ya bebas. Yang penting, nulis aja lah. Kalau kamu dulu pernah ngeblog, kenapa sekarang nggak? Sbuk mainan Twitter, Facebook, dan Path? Iya, saya juga. Tapi daripada nulis status panjang lebar di Facebook (ya kecuali emang tujuan kamu mendulang like dan comment), kalo saya sih mendingan jadi satu blog post beneran. Jadi, coba kamu ingat-ingat lagi password wp-login kamu, coba tuliskan apa yang ada di otakmu saat ini. Siapa tau, kamu bisa jadi blogger (lagi).

Selamat hari Blogger Nasional! Jangan lupa ngeblog!

Thank God I'm a blogger!

Thank God I’m a blogger!

8 Comments

  1. Keren teh, inspiratif banget, semoga aku jg bisa jadi blogger top kayak teteh

    • Ratri

      duh aku dipuji sama byuti bloher paporit aku jadi grogi giniiiii hihihihi

  2. Rani Yulianty

    Suka sama tulisan Ratri, ngeblog mah ngeblog ajah yaa…nulis aja, nggak usah dikotak-kotak kayak nasi Kotak

    • Ratri

      hehehehe makasih udah mampir teh! iya bener, kaya pengajian aja dikasi nasi kotak hahaha

  3. dinikopi

    Aku malah lagi nyari lagi nih kak blogger Indonesia yang suka nulis pake Bahasa Inggris tuh siapa ya? Rekomendasikeun dong kaak, thank you 😀

  4. arievrahman

    Aku blogger bukan ya kak? Ehehehe.

    • Ratri

      kamu kan seleb, kaaakkk

  5. Adhitya Pratama

    “Dan kayanya belum ada nyinyir-nyinyiran tentang blogger berbayar atau blogger reviewan, hihihi.” waini.. hahaha..

    Suka postingannya Mba Ratri :3

Leave a Reply

Recent Post