4 Spot Asik Memandang Ombak di Nusa Penida

Kepulauan Nusa Penida di selatan Bali memang cukup besar. Kalau kamu mencari pantai, ada banyaaakk. Tapi saking banyaknya, kadang bingung juga yah mau ke pantai yang mana nih yang asik buat ngeliat ombak.

Eh, ngeliat ombak yang asik kan nggak musti berenang ya. Nah, di Nusa Penida ini ada beberapa tempat yang seru, tapi nggak semuanya bisa kamu ceburin diri sih. Bersama dengan teman-teman, saya dipandu oleh dua pria asli Nusa Penida yaitu Bli Gede Sumadi dan Bli Budaya Wiadnyana yang sudah hafal betul jalan-jalan menuju tempat-tempat keren di pulau ini. Berikut ini beberapa tempat seru yang saya datengin di Nusa Penida buat ngeliat ombak yang keren abis.

    1. Pasih Uug (Broken Beach)
      Tempat yang terkenal dengan nama Broken Beach ini nama aslinya Pasih Uug, yang artinya pantai yang rusak. Kenapa dikasi nama kaya gitu, karena kalo menurut cerita Bli Budaya sih, konon legendanya dulu kawasan ini adalah sebuah desa yang kemudian runtuh jadi lubang besar. Memang kalau kamu lihat, seakan-akan ada jurang bulat yang gede yang dimasuki air laut yang berdebur keras di sini. Tentunya kamu ga bakal bisa berenang, soalnya jurangnya gede banget! Tapi pemandangan dari Broken Beach ini asli keren abis.
    2. Pasih Uug, alias Broken Beach, Nusa Penida, Bali

      Pasih Uug, alias Broken Beach, Nusa Penida, Bali

    3. Angel Billabong
      Nggak jauh dari Broken Beach, jalan kaki 5 menit, ada tebing juga yang bernama Angel Billabong. Yang satu ini juga ngetop di kalangan wisatawan. Jadi tempat ini seperti sebuah ceruk ke dalam tebing yang membentuk seperti kolam landai. Tapi ombak dari lautan lepas di depannya bakal menyapu ‘kolam’ ini dan benturan ombak di kolam ini tampak baguuus banget. Warna air yang semula kehijauan lalu bercampur dengan buih putih dan tergulung ombak besar yang biru pekat. Ah, siapapun yang melihat pasti akan terpesona! Itu sebabnya banyak wisatawan yang tergoda untuk berenang di sini. Tetapi sangat sangat tidak dianjurkan untuk berenang sih, karena bisa saja kamu tergulung ombak dan terseret ke lautan lepas yang ganas. Sudah pernah ada korban jiwa di sini, jadi sebaiknya cari aman aja ya, liat ombak di pinggir tebing kaya saya, hehehe.
    4. Angel Billabong di Nusa Penida

      Angel Billabong di Nusa Penida

    5. Pasih Andus (Devil’s Tear/Smoked Beach)
      Tidak begitu jauh juga dari lokasi Pasih Uug, hanya beberapa menit naik mobil, kamu juga akan menemukan Pasih Andus atau yang lebih ngetop dengan sebutan Devil’s Tear. Wuidih, namanya seru banget ya. Jadi pantai yang satu ini juga sebenarnya tebing yang terhantam ombak besar. Nah, karena ada lubang di bagian bawah tebing, maka air ombak yang terpecah di bawah tebing ini akan meluap ke atas seperti ledakan sehingga airnya tampak seperti uap air. Pantes deh dikenal juga dengan nama Smoked Beach, hehehe. Tentunya kamu ga bakal bisa berenang, karena tebing karang yang curam ini bahaya banget. Kalau kamu berdiri cukup dekat dengan pinggiran tebing, kamu bakal kena cipratan air ombak yang ‘meledak’ itu kok. Lumayan lah buat basah-basahan sedikit.
    6. Ledakan ombak di Devil's Tear alias Pasih Andus, Nusa Penida

      Ledakan ombak di Devil’s Tear alias Pasih Andus, Nusa Penida

    7. Crystal Bay
      Nah, kalau yang satu ini, kamu bisa berenang dengan tenang. Pantai Crystal Bay ini memang pantai beneran yang air lautnya jerih seperti kristal. Kamu juga bisa berperahu ke tengah laut untuk berenang (kalau beruntung) bersama ikan mola-mola (sejenis ikan paus yang badannya pipih). Di sisi kanan kirinya masih ada tebing sih, jadi pantai ini seperti area kecil yang menyenangkan untuk bersantai sambil main air. Kalau bosan, bisa leyeh-leyeh di warung tepi pantai sambil minum air kelapa muda.
Pantai Crystal Bay yang indah di Nusa Penida, Bali

Pantai Crystal Bay yang indah di Nusa Penida, Bali

Asik kan main ke Nusa Penida. Di sini saya baru melihat betapa besar ciptaan Tuhan yang bisa membuat keindahan di antara bebatuan karang. Terlihat berbahaya, tapi juga menyenangkan. Siapa bilang lihat ombak musti di laut doang?

One Comment

  1. Waaah… baru tau banyak spot keren begini di Nusa Penida

Leave a Reply

Recent Post