Selesai #JuliNgeblog, Terus Gimana? #AgustusNgeblog Dong!

Jadi selama bulan Juli kemarin, temen saya Nita Sellya menghidupkan kembali semangat ngeblog tiap hari yang dulu pada jaman segitu digagas oleh Nita dan Bunda Endhoot dengan sebuah gerakan yang namanya #JuliNgeblog. Iya, tiap hari nulis di blog. Rajin bener ya. Seperti saya jaman awal-awal ngeblog di tahun 2003-an dulu, rajin bener update blog tiap hari hehehe. Cuma bedanya kalau dulu ngeblognya asal banget – udah kaya coret-coret di diary, kali ini agak lebih tertata – baik bahasa maupun topiknya.

Agustus, ngeblog lagi yuk!

Agustus, ngeblog lagi yuk!

Jadi kalau kamu liat blog saya, selama bulan Juli lumayan banyak niih tulisan-tulisannya. Ya, emang ternyata susah banget untuk konsisten ngeblog tiap hari. Jadi saya banyak banget bolongnya 🙁 Kalau ditotal, selama bulan Juli saya cuma sanggup nulis 13 kali, dari 31 hari yang ada. Huhuhuhu sedikit yah.

Sebenarnya, salah satu tantangan terbesar dalam ngeblog buat saya adalah waktu penulisannya. Topiknya sih ada…. Cuma waktunya itu lho. Pad lagi kepikir tentang tulisan, seringnya saya lagi musti beresin kerjaan, atau lagi deadline, atau udah ngantuk berat sampe ketiduran. Akhirnya banyak tulisan saya yang parkir di draft – baik yang udah kelar tapi belum ada foto-foto pendukungnya, maupun yang baru kelar sebagian dan ga sempet diselesaikan. Sayang ya.

Yah, apapun alasannya, memang ternyata konsisten menulis blog setiap hari itu nggak mudah. Mungkin ada teman-teman saya juga yang kendalanya di topik – mau nulis apa. Ada juga yang keburu males, gak ada kuota internet, dll dll dll. Ya ya ya.

Kalau ditilik dari manfaatnya, oh ada. Manfaat dari #JuliNgeblog kemarin ini, kalo buat saya sih kerasa banget loh. Buat sebagian orang, mungkin berguna buat mengasah skill menulis. Tapi berhubung saya mah nulisnya masuk suka-suka aja (liat aja ni grammarnya juga masih buluk nggak sesuai EYD), yang saya dapetin adalah menempa kebiasaan menuliskan apa yang ada di kepala. Biar nggak jatohnya jadi gosip, gitu. Halah alesan. Hehehe. Tapi yang jelas, saya jadi banyak belajar juga dari temen-temen blogger yang lain. Semakin banyak saya blogwalking ke blog teman-teman yang lain, saya juga dapet banyak masukan dan pelajaran berharga. Misalnya tentang manfaat keramas #NoPoo alias tanpa syampo dari Mbak Ega, tentang cara2 memotret dari blognya mas Pitra, dan bahasan yang rada-rada serius dari Om Arisetyo. Seru-seru banget topiknya, dan jelas-jelas nambah wawasan.

Blog nya mbak Ega mpokgaga.blogspot.co.id selalu menyenangkan buat dibaca.

Blog nya mbak Ega mpokgaga.blogspot.co.id selalu menyenangkan buat dibaca.

Tapi yah, walaupun sekarang bulan Juli sudah selesai, bukan berarti ngeblog nya selesai juga kan. Makanya saya tetap ingin melanjutkan usaha saya menghidupkan kembali blog-blog saya – sukur-sukur bisa lebih rajin daripada pas #JuliNgeblog. Aamiinn. Kalaupun nggak bisa tiap hari, nyicil aja dulu seminggu sekali juga boleh kan, hehehe. Yang penting semangat ngeblog itu tetap ada.

Jadi, yuk kita lanjutin niat ngeblog yang sama seperti bulan lalu. #AgustusNgeblog, #SeptemberNgeblog, dan seterusnya. Semangaaatt!

One Comment

  1. pitra

    Good luck ya bu. Semoga bisa 30 hari ngeblog.. hahaha gw skip dulu deh bulan ini.
    Hal yang bikin mudah bulan Juli kemarin bisa posting tiap hari adalah karena ada lebaran. Pengalaman di lebaran saking banyaknya jadi bisa dijadikan postingan berhari-hari, bahkan setelah gw balik lagi ke Jakarta.
    Agak repot bikin tulisan baru kalau gw nggak ngerasain pengalaman baru.

Leave a Reply

Recent Post