Belajar Masak Siomay (Part 1)

Photo credit to healthination.com

Photo credit to healthination.com

Katanya perempuan itu harus bisa masak. Kata almarhumah nenek saya sih, dulu. kalau sekarang pasti banyak yang protes ya, hehehe. Yah, sebenernya nggak harus juga sih… Tapi logikanya, setiap manusia (cowo atau cewe) kan harus punya survival skill ya, alias kemampuan untuk bertahan hidup. Jadi ya bisa aja memasak adalah salah satu alternatif survival skill yang patut dipelajari. Minimal biar nggak kelaperan saat tengah malam begadang nonton drama Korea (ini malah curcol). Sekarang kayanya jumlah cewe dan cowo yang jago masak hampir sama yah. Kalau biasanya ibu-ibu rumah tangga jagoan masak, bapak-bapak juga banyak yang jago. Liat aja chef-chef di TV tuh, banyak yang cowo kan. Bos koki Rumah Makan Legoh langganan saya juga cowo tulen, si om Leon Ray yang ngakunya drummer itu.

Nah, berhubung saya doyan makan, memasak menjadi salah satu ‘bahan pelajaran’ yang menarik buat saya. Namanya juga anak kos, kan…. Minimal bikin mie instan kudu bener. Nah kalo udah lulus level mie instan, baru deh naik tingkat hehehe. Paling enak sih belajar masak makanan-makanan rumahan yang biasa dikonsumsi. Nggak usah sok-sokan belajar French gourmet ala-ala masterchef laaa, itu nonton di tv aja dulu. Kalau buat pemula kaya saya sih, paling enak ngikutin resep-resep simpelnya om koki Leon Legoh aja. (Iya ini sekalian promosi boskoki dan blog sendiri).

Salah satu yang saya lagi pelajari adalah bikin siomay. Itu lho, siomay yang kaya di tempat dimsum, yang makannya dicocol saos. Sebenernya sih saya pengen belajar bikin siomay itu gara-gara nonton videonya Rasamasa tuh yang suka nongol dishare di facebook oleh entah siapa yang hobi bener bikin orang ngiler. Ini lho videonya.

Udah nonton videonya, kan? Gimana, kayanya gampang kan? Iya… Itu yang terlintas di otak saya pas nonton video masak-masak bikin siomay itu. Ah, kayanya gampang nih. Bahan-bahannya juga gampang didapet di supermarket depan. Bikin ah.

Jreng. Jadilah saya belanja bahan-bahan sesuai resep, di supermarket depan rumah saya. Beres. Tinggal ikutin video cara pembuatannya. Cuma tinggal motong-motong bawang, wortel, ngupas udang, … KOK LAMA AMAT YA. Tangan mulai pegel. Ternyata motong-motong yang keliatannya ‘cuma gitu aja‘, itu menguras energi dan nyaris bikin emosi lho, hahahaha. Motong bawang bombay itu bikin mata pedih dan pengen nangis, motong wortel yang keras jadi kecil-kecil itu bikin jari nyaris kram, dan ngupas udang itu melatih kesabaran dan pernapasan (soalnya bau amis kan).

Jadi bagian gampangnya gimanaaaa?
Yah, memang gampang kok bikinnya. Semua bahan-bahan tadi yang sudah dipotong-potong, campur jadi satu, aduk-aduk pake bumbu, templokin deh di kulit pangsit. Kukus. Beres. Gampang kan?

Iya, tapi bikin cape.

Ta-daaa! Siomay bikinan saya tadi siang. Kalo pengen, carilah mamang siomay terdekat.

Ta-daaa! Siomay bikinan saya tadi siang. Kalo pengen, carilah mamang siomay terdekat.

Hahahaha. yah, ternyata belajar memasak memang nggak mudah. Tapi nggak ribet juga sih. Sama aja kaya kamu belajar matematika atau fisika di sekolah. Ada yang jago banget sampe menang olimpiade sains, ada yang sampe lulus tetep nggak paham (kaya saya). Yah gimana minat dan kemampuan otak kali ya. (Dan nasib?)

Tapi kalau saya yang cupu gini aja bisa belajar masak dari video Youtube aja bisa berhasil bikin siomay, mustinya kalian yang lebih pinteran dari saya juga bisa dong. Malah mungkin lebih jago ya.

Apa, kamu juga sama cupunya? Hih kesian. Oooo tapi jangan kawatir, besok saya bakal kasi resep plus tips-tips penting supaya kalian berhasil bikin siomay tanpa perlu menderita-menderita banget kaya waktu saya pertama kali nyoba masak. Nanti kalau kalian udah nyoba masak, dan berhasil, rasanya puuuaaasss banget deh. Udah bisa jumawa ala-ala chef di TV, walopun level nyombongnya baru serumah aja dulu.

Sementara sekarang saya mengunyah siomay ini, kalian sabar aja dulu ya.

4 Comments

  1. petrabarus

    Chib, masakin dim sum, chib. 😀

    • Ratri

      nanti ya kalo gue udah balik bandung, pet! 😀

  2. Wanita bisa maaak itu nilai plus nya jadi olus plus olus plus plus plus

    • Ratri

      jadii nilaiku berapa mas? :)))

Leave a Reply

Recent Post