’90s Music Challenge

Beberapa hari yang lalu, seorang teman saya menge-tag di Facebook tentang 90’s music challenge. Intinya, itu adalah tantangan supaya saya posting satu lagu tahun ’90an setiap harinya. Ha! Tantangan macam apa itu! Cemen.

Iya lah. Soalnya saya sampe sekarang masih selalu dengerin lagu-lagu tahun ’90an kesukaan saya di playlist PC maupun music app. Jadi nggak susah buat saya untuk bernostalgia dengan lagu-lagu 20 tahunan yang lalu itu.

20 tahun yang lalu, waktu saya masih pakai seragam putih merah, putih biru, dan akhinya putih abu-abu, keseharian saya selalu berhadapan dengan MTV di TV parabola di rumah saya. Selain rajin dengerin radio, saya juga selalu update dengan lagu-lagu terbaru dari tayangan videoklip MTV dan V Channel. Gaya banget ya. Tidak jarang saya juga menabung uang saku untuk membeli kaset-kaset artis kesukaan saya di toko kaset langganan. Dulu saya tinggal di Semarang, toko kaset paling oke itu ada di Bulletin Music, Jl. Pandanaran dan Ciputra Mall. Tidak lupa juga mencatat lirik-lirik lagu kesukaan di buku diary dan loose leaf (yang warna-warni dan buat diisi oleh teman-teman).

Karena ngelist lagu-lagu kesukaan taun ’90an di Facebook aja kurang afdol, jadi saya share juga ah di blog ini. Ini adalah 10 lagu tahun ’90an yang paing berpengaruh buat saya:

  1. Wilson Phillips – Hold On (1990)
    Dulu waktu SD, ada tayangan acara musik dan videoklip di RCTI sore-sore. Lupa apa namanya, tapi yang jelas dia ngasih info top 10 video musik terkini dan berita artis-artisnya. Nah, videoklip Wilson Phillips ini termasuk yang paling sering diputer, jadi saya apal banget lagunya. Dan setelah gede, ternyata liriknya bagus banget ya.

  2. Aerosmith – Crazy (1993)
    Saya inget banget, waktu SD pertama kali liat videoklip lagu ini di MTV. Modelnya adalah Liv Tyler (putri si vokalis, Steven Tyler) dan Alicia Silverstone. Sejak itu saya langsung jatuh cinta setengah mati sama lagu itu, dan bercita-cita pengen kawin sama Steven Tyler kalo udah gede.

  3. TLC – Waterfalls (1994)

    TLC, girlband idola jaman dulu

    TLC, girlband idola jaman dulu

    Jaman-jaman celana gombrong dan kaos ketat, TLC jadi salah satu girlband idola saya tahu segitu. Lagu Waterfalls ini ngetop banget, saya dulu apal banget sampe ke bagian rapnya yang cepet banget itu.

  4. Indecent Obsession – Lady Rain (1994)
    Band Australia ini dulu sempet bikin mini konser di Jakarta. Saya nggak nonton langsung konsernya sih, tapi saking sukanya ama band ini, dulu saya ngubek Aldiron dan Blok M demi dapetin kaset album pertamanya. Eh, sekarang Aldiron masih ada gak sih?

  5. Peabo Bryson & Regina Belle – A Whole New World (1993)
    Rasanya tiap film Disney jaman dulu lagunya bagus-bagus ya. Lagu ini favorit saya banget, soalnya adegannya kebayang terus pas lagi naik karpet terbangnya. Sampe sekarang, lagu ini juga jadi andalan saya buat karaokean duet.

  6. Bon Jovi – Always (1995)

    Crossroad, album Bon Jovi andalan saya

    Crossroad, album Bon Jovi andalan saya

    Siapa yang nggak suka sama lagu ini? Tahun segitu, rasanya hampir semua orang yang saya kenal pada beli album Crossroad. Sebenernya saya udah suka sama Bon Jovi sejak kelas 4 SD, tapi baru sejak dengerin lagu Always ini jadi pengen kawin ama Jon. Lha, Steven Tylernya gimana? Ya gapapa, buat cadangan aja. #eh

  7. Ricky Martin – Maria (1995)
    Pertama kali cowo Latin ini nongol, kayanya semua abege piyik jatuh cinta deh. Termasuk saya. Nggak sedikit juga yang lantas patah hati setelah tau kalau dia gay. Tapi saya sih tetep suka, abisnya cakep banget dan lagunya catchy abis sih. Pas dia nyanyiin lagu theme song Piala Dunia 1998, tiap hari begadangan denger suara dia di TV sampe Prancis menang.

  8. Spice Girls – 2 Become 1 (1996)
    Girlband Inggris fenomenal ini emang paling top di tahun segitu. Setiap cewe abege pasti punya anggota favoritnya. kalo saya sih suka si Baby Spice, Emma Bunton. Eh, lagu ini dulu dinyanyiin mulai dari anak SD sampe yang udah gede, penuh semangat tanpa tau arti liriknya. Sekarang setelah dipikir-pikir, lirik lagu ini vulgar juga ya buat anak-anak hahahahaha.

  9. Boyzone – A Different Beat (1996)

    Boyzone, idola abege 90an. Siapa yang ngefans sama Ronan?

    Boyzone, idola abege 90an. Siapa yang ngefans sama Ronan?

    Boyzone ini kayanya boyband idola saya pertama nih. Liat mereka di TV kayanya keren-keren bener. Jadi rajin baca majalah Kawanku dan koleksi poster dan pin-up nya. Sejak lagu ini, saya dan adek saya jadi rajin menabung demi beli kasetnya. Pas salah satu personelnya, Stephen Gately meninggal, adek saya sampe nangis seharian nggak mau sekolah.

  10. Celine Dion – My Heart Will Go On (1997)
    Film Titanic yang super heboh itu emang dahsyat ya. Nggak cuma filmnya yang sampe sekarang masih suka diputer di GlobalTV, tapi dulu lagu si Celine Dion ini emang keren abis. Saya beli kasetnya sampe disetel berulang-ulang. Nggak cuma itu, saya juga ngumpulin loose leaf dan poster-poster Titanic saking ngefansnya.

Rasanya banyak banget kenangan saya di tahun ’90an yang berhubungan dengan musik-musik kesukaan. Maklum tahun ’90an itulah masa-masa saya beranjak gede, dari SD sampai SMA. Makanya nggak heran kalau sampai sekarang saya masih suka dengerin lagu-lagu mereka. Nah, kamu suka lagu apa aja?

4 Comments

  1. Adetruna Medium

    Weleh2 artikel ini langsung melambungkanku ke medio 90-an … daaan yg aku dewa2kan adalah alternative nation nya MTV : crash test dummies, linger, round around .. etc. Thx ya!

    • Ratri

      ihiy anak nongkrong MTV niihhh :))

  2. Efi

    Celline Dion yang My Heart Wil Go On ini epic banget. Waktu aku masih kuliah dan ada pesantren mahasiswa abru, lagu ini jadi berkesan spooky soalnya pernah dinyanyiin jin malam-malam di kamar mandi asrama.

    • Ratri

      HAAHHHHH DINYANYIIN JIINNN ???? o___O;;; Eeeerrrr horor amaatt >.<

Leave a Reply

Recent Post