6 Barang Wajib Buat Tampil Oke

Karena kita bukan artis Hollywood macam Audrey Hepburn yang selalu tampil prima, makanya harus pinter merawat diri

Karena kita bukan artis Hollywood macam Audrey Hepburn yang selalu tampil prima, makanya harus pinter merawat diri

Siapa di antara kalian yang paling suka ngeluh, “Aku gak bisa dandan” ? Hehehehe. Biasanya banyak nih cewe-cewe yang bilang kaya gini. Padahal, sebenernya mungkin bukannya ga bisa dandan, cuma nggak pede aja. Dari kita bangun tidur, lalu mandi, ganti baju, sisiran, itu udah termasuk basic dandan lho. Memang bukan dandan yang pake make-up full di wajah, tetapi artinya kita sudah mempersiapkan diri untuk tampil. Tampil nggak harus all-in, tapi tampil sederhana pun juga cukup, sesuai dengan keadaan dan acaranya.

Saya sendiri juga nggak jago dandan. Tapi minimal tau lah untuk perawatan diri paling standar yang sepertinya semua cewe sih harusnya ngelakuin ya. Ada beberapa barang yang menurut saya wajib dimiliki oleh seorang cewe buat merawat diri. Minimal, tampil lebih segar, nggak kucel kaya abis bangun tidur. Hehehe. Yah gimana-gimana juga kan kita harus menghargai diri sendiri dan orang lain. Kalau kita tampil bersih, segar, dan menarik, itu salah satu bentuk penghargaan terhadap diri kita sendiri, bahwa kita mensyukuri keadaan dan bisa membawa diri lebih baik saat berjumpa orang lain. Iya nggak sih? Saya sih percaya gitu, hehehe.

Jadi apa aja barang yang wajib dibawa atau dimiliki cewe untuk merawat dirinya sendiri? Ini list saya:

  1. Sunblock alias tabir surya untuk wajah

    Tabir surya untuk kulit wajah ini ada berbagai merk, dan berbeda kandungan SPF-nya

    Tabir surya untuk kulit wajah ini ada berbagai merk, dan berbeda kandungan SPF-nya

    Kita tahu bahwa sinar matahari itu ada bagusnya dan ada nggaknya. Kebanyakan sih nggak bagusnya, hehehe. Kalo buat kulit, kebanyakan sinar matahari bikin kulit jadi kusam, menghitam, dan lama-lama muncul bintik hitam (black spots) yang biasanya nongol kalo kita udah lebih tua. Sayang kan…. Jadi penuaan dini. Jadi untuk menangkis itu, sunblock itu wajib banget dipake tiap hari, biar terlindung dari penuaan kulit. Kata siapa pake sunblock cuma buat ke pantai? Justru kita harus pake setiap hari, kan kulit kita kena mataharinya nggak cuma di pantai doang. Untuk wajah, kamu bisa pilih krim moisturizer atau BB cream yang mengandung tabir surya. Pilih aja yang ada SPF (Sun Protector Factor)-nya.

  2. Bedak Tabur (Loose face powder)

    Loose powder merk Body Shop ini salah satu yang enak dipake

    Loose powder merk Body Shop ini salah satu yang enak dipake

    Standarnya sih, sebelum pergi muka dipakein bedak biar nggak tampak kinyis-kinyis berminyak. Warnanya bisa disesuaikan sama warna alami kulit kamu. Jadi jangan sampe bedaknya tampak lebih putih dari leher atau lengan kamu ya, hehehe. Dan yang paling saya rekomen sih bedak tabur. Kenapa bedak tabur? Karena bedak ini lebih ringan formulanya dibanding bedak compact, jadi nggak berat-berat amat di kulit wajah. Tapi kalo buat praktisnya yang bisa dibawa kemana-mana tanpa takut tumpah sih emang bedak compact. Biasanya saya pake bedak tabur di rumah sebelum pergi, dan tetep bawa bedak compact buat touch-up beberapa jam kemudian (kalo masih di luar rumah).

  3. Pensil alis

    Seni membentuk alis selalu ngetren di kalangan cewe ya?

    Seni membentuk alis selalu ngetren di kalangan cewe ya?

    Naahhh ini senjata andalan sejuta umat perempuan sedunia. Saya termasuk salah satu yang merasa nggak komplit keluar rumah kalo belum pake pensil alis. Kenapa? Padahal tampak simpel ya. Tapi buat orang-orang yang beralis tipis seperti saya, kalo nggak pake pensil alis rasanya kaya tuyul. Kamu bisa liat deh perbedaannya, pas sebelum pake alis dan sesudah. Walaupun cuma pake pensil alis doang, orang akan melihat perbedaan di wajah kamu seolah-olah ‘sudah dandan’. Jadi kalo males dandan tapi pengen kliatan lebih oke, coba aja pake pensil alis. Pasti kadar kekecean kamu naik sekitar 30% lah. Oiya, selain berbentuk pensil, ada juga yang berupa gel atau krim lengpa dengan kuasnya. Tergantung kamu nyamannya pake yang kaya gimana, sesuai selera dan merk favorit (dan budget) sih.

  4. Body Lotion

    Saya pengguna setia dua body lotion ini, karena cocok banget sama kulit saya yang kering

    Saya pengguna setia dua body lotion ini, karena cocok banget sama kulit saya yang kering

    Kadang kita suka meremehkan kulit yang membungkus badan kita ini. Padahal inilah lapisan luar yang melindungi tubuh dari kondisi dingin, panas terik, kena angin atau basah kena hujan. Kalau kita nggak ngerawat kulit kita sendiri, ya jangan protes kalau nanti cepet keriput atau bersisik dan pecah-pecah. Makanya sejak dini kita harus merawat kulit, minimal pakailah body lotion yang melembabkan dan melindungi kulit dari berbagai kondisi cuaca. Titik-titik terpenting adalah lengan, sikut, kaki lutut, pinggang, telapak tangan dan kaki. Kenapa, karean tempat-tempat itulah yang paling sering terekspos atau berinteraksi dengan benda lain. Nggak mau kan dibilang “cantik-cantik tapi lututnya busik” atau pas lagi salaman ama gebetan trus tangan kamu kasar. Makanya kita kudu ekstra perhatian sama kulit kita ini, supaya kita juga tetep pede dan kesehatannya terjaga sampai tua.

  5. Deodorant

    Coba cek, bau badan kamu wangi atau bikin mual?

    Coba cek, bau badan kamu wangi atau bikin mual?

    Mau dandan secakep apapun, gaya seheboh apapun, orang bakal tetep ninggalin kalo kamu bau badan. Percaya deh. Tau sendiri kan negara kita termasuk daerah tropis, alias bikin orang gampang keringetan. Nggak banyak gerak aja bisa keringetan, apalagi yang aktif kesana-kemari kaya anak SD ngejar layangan. Makanya kita kudu bener-bener kenalin jenis tubuh kita, apakah kita gampang berkeringat atau nggak. Keringat itu sebenernya nggak berbau, tapi kuman-kuman di badanlah yang bikin bau. Itu sebabnya jangan lupa pake deodoran sehabis mandi, sebeum badan kamu berkeringat banyak. Biar badan tetep berasa segar dan nggak bikin bete orang lain yang mencium bau-bau nggak sedap dari badan kita. Deodoran jaman sekarang macem-macem bentuknya kok, mulai dari bedak, spray, roll-on, atau stick – yang mengandung pewangi atau yang nggak berbau sama sekali.

  6. Lip balm/lipstik

    Bibir yang tampak sehat membuat penampilan kamu semakin menarik lho

    Bibir yang tampak sehat membuat penampilan kamu semakin menarik lho

    Kecil-kecil gini, bibir juga butuh perhatian lho. Mungkin sepele, tapi bibir itu yang membentuk senyum kita, yang diperhatikan orang ketika kita beebicara. Jadi jangan sampai bibir kamu kering atau mengelupas. Pakai lip balm akan membantu melembabkan dan melembutkan kulit bibir. Ada juga lipstik yang mengandung pelembap, jadi bisa sekalian tampak lebih segar dengan warna yang kamu suka. Kalo nggak suka pake lipstik, ya minimal pakailah lip balm untuk menjaga kelembutannya – dan yang jelas sih biar senyum kamu tampak lebih cihuy!

Semua barang di atas adalah barang-barang dasar yang wajib buat saya pakai tiap hari. Mungkin buat orang lain, ada tambahan eyeliner, blush-on, parfum, atau apalah yang lain ya. Tapi minimal, kalau kamu juga pake barang-barang mendasar ala saya ini, dijamin kamu akan tetap tampil oke walaupun ‘nggak dandan’. Hehehe.

Leave a Reply

Recent Post