Main Bareng Hiu Paus Yuk!

Kalian pernah merasa nggak sih, betapa beruntungnya kita tinggal di Indonesia? jangan pikirin kekurangan-kekurangan yang ada di negara kita ini dulu ya. Coba perhatikan sekitarmu, dan cermati lagi apa yang ada dan bisa kamu rasakan di negeri ini. Kamu pasti menyadari kan, kalau Indonesia punya baaanyaaak sekali keindahan alam. Nggak usah jauh-jauh, melipir ke pinggiran kota sedikit aja kamu pasti bisa menemukan lahan ladang atau persawahan hijau. Kalau kamu pernah bepergian naik kereta, kamu pasti akan sering menjumpai hamparan sawah-sawah, pegunungan, dan garis pantai yang tidak semua negara mempunyainya lho. Menikmati indahnya Indonesia tidak perlu jauh-jauh ke ujung negeri, di dekat kita pun

Salah satu keindahan alam Indonesia yang juga jarang sekali dimiliki negara lain adalah keindahan pantai-pantai kita. Namanya juga negara kepulauan, tentu saja di Indonesia banyak pantainya bukan. Mulai dari destinasi wisata yang ngetop seperti Bali dan Lombok, sampai yang jarang-jarang disentuh wisatawan seperti pulau-pulau di bagian Indonesia Timur sana. Banyak banget! Kamu tinggal pilih mau ke pantai mana, pengen snorkling di mana. Nggak usah repot bawa paspor atau nyiapin visa. Kamu cuma butuh persiapan saat traveling standar seperti baju, obat-obatan pribadi, dan peta atau GPS kalau kamu belum pernah mengenal daerah tujuan wisata kamu. Semua ada di dalam negeri kita sendiri. Asik kan.

ratri2

Sewaktu saya hadir di acara peluncuran iklan minuman berenergi KukuBima Ener-G! Sido Muncul di Plaza Indonesia beberapa hari yang lalu, saya baru tau satu lagi keindahan Indonesia yang sepertinya cuma ada di negara kita deh. Ternyata di Gorontalo, kita punya ikan hiu paus (whale shark) yang super gede dan super jinak, yang letaknya hanya berjarak sekitar 20 meter dari garis pantai. Kabupaten Gorontalo memang bukan termasuk destinasi wisata yang populer, sehingga kamu bisa bayangkan sendiri betapa jernihnya air laut dan lingkungannya masih bersih dan kondusif untuk ikan-ikan langka seperti hiu paus ini. Masyarakat sekitar sudah akrab banget sama si ikan hiu paus, bahkan bisa berani berenang bareng! Wah, seru banget ya sepertinya.

Ikan hiu paus adalah hiu pemakan plankton yang merupakan spesies ikan terbesar. Badannya bisa segede rumah lho. Di iklan KukuBima Ener-G! yang baru kamu nanti bisa lihat sang bintang iklannya, Shanty, yang berenang tanpa goggle atau snorkle bersama ikan hiu paus ini. Seru banget kelihatannya! Manusia tampak kecil sekali dibandingkan hewan langka ini hehehe.

Kalau kamu penasaran pengen ikutan juga berenang bersama ikan hiu paus ini, kamu bisa pergi ke Gorontalo, sebuah provinsi yang letaknya di bagian utara pulau Sulawesi. Agak jauh ya kalau dari pulau Jawa. Tapi nggak perlu ke luar negeri juga kan. Tepatnya di perairan Botubarani, kecamatan Kabila, Bone kabupaten Gorontalo. Ada 18 hiu paus yang terpantau di sini sejak Maret, dan sejak April 2016 lalu, tempat ini sudah resmi dibuka untuk umum oleh Bapak gubernur Gorontalo, Rusli Habibie.

ratri1

Tidak heran kalau Sido Muncul sering sekali membuat iklan bertema keindahan pariwisata Indonesia untuk produk-produknya. Menurut pak Irwan Hidayat, direktur Sido Muncul, pariwisata Indonesia adalah sesuatu yang dapat mempengaruhi semua bidang, dan tentunya akan menambah pendapatan asli daerah dan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Kalau nanti banyak wisatawan yang datang ke Gorontalo, tentunya pendapatan daerah Gorontalo akan meningkat juga kan. Jadi kita juga bisa memakmurkan negara kita sendiri.

Tentunya berwisata ke tempat-tempat eksotis di negara kita juga harus dibarengi dengan rasa tanggungjawab yang besar. Ini negara kita sendiri lho, jadi kita juga wajib memelihara kelestariannya. Beberapa hal yang perlu diingat kalau kamu traveling:
– Jangan buang sampah sembarangan. Jagalah kebersihan tempat wisata, jangan mentang-mentang kamu sudah bayar lalu bisa seenaknya ya.
– Jangan menginjak atau menyentuh terumbu karang, kalau kamu snorkling/diving. Butuh waktu puluhan tahun buat terumbu karang bisa secantik itu, masa kamu tega ngerusak sih.
– Perhatikan dan ikuti adat istiadat dan kesopanan di daerah wisata. Bagaimanapun juga, kita adalah tamu. Jadi sudah selayaknya kita menghormati adat dan budaya penduduk sekitar tempat kita berwisata.

Semua ini juga demi kelestarian dan kelangsungan negara kita sendiri kok. Jadi, mari kita menjadi wisatawan yang baik dan bertanggungjawab, dan menikmati indahnya Indonesia dengan penuh rasa syukur 🙂 Rosa!

One Comment

  1. Yudi Randa

    Fyuuib nggak jadi ngiri. Kirain teteh lagi berenamg dama hiu.. Dan aku ngelamar jadi hiu nya hahaja

Leave a Reply

Recent Post