Cantiknya Pemandian Air Panas Guci di Tegal

Taukah kamu warung makan Tegal yang banyak berada di Jakarta dan sekitarnya? Bukan, saya bukan mau ngebahas warteg kok. Tapi mau ngomongin kota Tegal yang benerannya, hehehe. Tegal yang biasa memiliki aksen bicara yang khas Ngapak ini berada di pulau Jawa yang bertepatan di Jawa Tengah. Nah, ternyata di Tegal juga ada tempat liburan yang oke nih. Objek wisata yang cukup terkenal di Tegal adalah Pemandian Air Panas Guci dengan panorama alam yang sangat indah, cukup menarik dan memiliki hawa sejuk khas pegunungan.

Taman Wisata Air Panas Guci, Tegal

Taman Wisata Air Panas Guci, Tegal

Pemandian Air Panas Guci memiliki banyak pancuran yang menurut penduduk setempat memiliki kepercayaan bisa menyembuhkan penyakit tertentu seperti penyakit kulit, koreng dan juga rematik. Di Pemandian Air Panas Guci ini punya 10 air terjun, di bagian atasnya ada air terjun Jedor yang dulunya milik seorang lurah Jedor. Untuk bisa menikmati keindahan pesona Pemandian Air Panas Guci ini, kita bisa menyewa kuda untuk mengelilingi objek wisata.

Pemandian Air Panas Guci Tegal berada di lereng Gunung Slamet di bagian utara, sehingga memiliki suasana pegunungan yang sangat asri dan sejuk. Atau tepatnya berada di Desa Guci Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal Provinsi Jawa Tengah. Jika ditempuh dari Kota Slawi berjarak sekitar 30 km, sedangkan jika kita menempuhnya dari Kota Tegal maka jaraknya sekitar 40 km.

Salah satu pemandian yang banyak sekali dikunjungi adalah Pancuran 13. Di pemandian ini terdapat pancuran air panas sejumlah 13 buah, dan katanya sih bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Selain itu, air panas di Guci Tegal ini juga dipercaya oleh penduduk setempat sebagai sarana untuk terkabulnya suatu permintaan. Biasanya yang mempercayai hal ini akan mendatangi pemandian air panas guci pada malam Jumat Kliwon di pukul 12 malam.

Itu sebabnya kalau hari Kamis malam bertepatan malam Jumat Kliwon, Pemandian Air Panas Guci ini cukup ramai. Karena menurut mitos jika kita Ngalap Berkah dengan mandi sekitar jam 12 malam memohon sesuatu, apapun permohonan kita akan dikabulkan.

Pancuran di pemandian air panas Guci

Pancuran di pemandian air panas Guci

Di sekitar Pemandian Air Panas Guci ini juga terdapat air terjun yang sangat menarik dikunjungi. Air terjun yang disekitar Guci adalah Air Terjun Jedor, Air Terjun Sruwit, Air Terjun Sigedong, Air Terjun Pengantaian, Air Terjun Kembar, Air Terjun Awu dan Air Terjun Capit Urang. Selain air terjun, juga ada Pancuran 7 dan Pancuran 5. Ada juga kolam renang serta pemandian air panas yang tertutup.

Kalau kita mengunjungi Pemandian Air Panas Guci Tegal ini, nggak perlu kawatir tentang akomodasi, karena di sana fasilitasnya cukup lengkap, seperti penginapan, mulai dari hotel kelas melati, villa, losmen sampai hotel yang berbintang juga ada. Di Pemandian Air Panas Guci juga terdapat wisata hutan, lapangan tenis, kolam renang dengan air panas, lapangan sepak bola dan juga terdapat tempat perkemahan pelajar. Ada wahana permainan baru di Pemandian Air Panas Guci ini, yaitu Hot Waterboom yang merupakan wahana permainan air yang sangat lengkap. Malah terdapat arus jeram segala. Selain itu juga terdapat ruang bilas/ganti, restoran, penginapan, dan pertokoan yang menyajikan souvenir dan pernak-pernik yang bisa kita jadikan oleh-oleh.

Jika kita tidak cukup puas untuk menikmati keindahan pesona dari Pemandian Air Panas Guci Tegal, ada beberapa hotel yang bisa menjadi pilihan kita untuk menginap. Berdasarkan informasi dari situs Traveloka, beberapa hotel tersebut diantaranya adalah:

Hotel Guci Kencana Tegal

Hotel yang letaknya pas di sebelah objek Pemandian Air Panas Guci Tegal. Banyak sekali wisatawan yang memilih menginap di sini karena lokasinya yang sangat dekat dengan objek wisata dengan suasana hotelnya yang masih alami dan segar. Di hotel ini fasilitasnya lumayan oke, ada pemancingan, lapangan tenis dan pastinya Kolam Air Panas. Ada juga pavilion yang bisa digunakan untuk tempat meeting.

Hotel Duta Wisata Guci Tegal

Hotel Duta Wisata Guci ini tempatnya tidak jauh dari lokasi objek wisata dan di sekitar perbukitan. Hotel Duta Wisata Guci sangat diminati oleh wisatawan karena lokasinya yang di perbukitan sehingga kondisi alam dan udaranya masih segar banget. Dari hotel ini kita bisa menikmati beberapa objek wisata lainnya seperti Gunung Slamet, Air Terjun dan masih banyak lagi.

Biasanya rute perjalanan menuju ke Pemandian Air Panas Guci ini bisa ditempuh dari Kota Semarang. Kalau mau menggunakan kendaraan umum, bisa naik bus jurusan Semarang-Tegal. Jika sudah sampai di terminal kota Tegal, kita bisa melanjutkan perjalanan menggunakan minibus ke Desa Tuwel. Jarak tempuh menuju desa ini sekitar 30-40 menit. Setelah sampai di Desa Tuwel, lanjut menumpangi kendaraan bak terbuka langsung menuju ke Pemandian Air Panas Guci sekitar 30 menit. Agak ribet ya, makanya emang paling gampang sih naik kendaraan pribadi aja, hehehe.

Di Pemandian Air Panas Guci bukan hanya menyuguhkan pemandian air panas saja, tetapi juga banyak sekali fasilitas lainnya yang bisa kita manfaatkan untuk menghabiskan waktu liburan. Beberapa fasilitas pendukung di kawasan ini ada Out bound, wana wisata, pendakian bukit perkasa, kuda wisata, kios souvenir, serta agrowisata yang terdiri dari perkebunan strawberry, wortel dan kubis.

Untuk memasuki objek wisata Pemandian Air Panas Guci Tegal ini, kita akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar:
– Hari biasa untuk dewasa Rp. 5.000+asuransi Jasa Raharja, untuk anak-anak Rp. 4.500+asuransi Jasa Raharja.
– Hari libur/tanggal merah untuk dewasa Rp. 7.000+asuransi Jasa Raharja, untuk anak-anak Rp. 6.500+asuransi Jasa Raharja.

Oh ya, Pemandian Air Panas Guci ini pernah diliput juga loh di situs Viva. Yuk kita liburan ke Pemandian Air Panas Guci!

Leave a Reply

Recent Post