Blogger Camp 2015 – Membangun Kredibilitas Blog

Blogger Camp ID - Jakarta!

Blogger Camp ID – Jakarta!

Menjadi blogger itu sebenernya nggak hanya nulis. Tapi juga membangun hubungan dengan sesama blogger, dan memperluas wawasan dengan mengikuti acara-acara yang banyak bloggernya pada ngumpul. Naahh… salah satunya acara ini nih. Blogger Camp!

Dari namanya aja udah terdengar seru yah. Memang acaranya adalah kemping bersama para blogger, dan sharing tentang berbagai hal seputar dunia blogging. Kebetulan tema Blogger Camp 2015 ini adalah tentang “Membangun Kredibilitas Blog”. Serius banget ya? Hehehehehe…. Nggak juga kok. Acaranya ternyata seru banget!

Sebelum kemping, kumpul dulu di Hotel Harris Tebet. Lucu yah interiornya

Sebelum kemping, kumpul dulu di Hotel Harris Tebet. Lucu yah interiornya

Blogger Camp ID tahun ini digelar di beberapa kota yaitu Jakarta, Purwokerto, Surabaya, dan Makassar. Karena saya tinggal di Bandung, jadi saya ikutan daftar untuk camp Jakarta. Dan berhasil! Para blogger yang terdaftar Blogger Camp Jakarta berkumpul di Hotel Harris Tebet untuk kemudian dibawa untuk menginap semalam di Camp Hulu Cai, Bogor. Ada sekitar 100 blogger yang mengikuti acara ini, jadi kebayang kan betapa serunya blogger-blogger berkumpul. Ada yang sudah saling kenal, ada yang baru ketemu. Ada yang dari Jakarta, ada juga yang dari luar kota – seperti saya. Di Hotel Harris Tebet, para blogger diberi pengarahan dulu mengenai jalannya acara Blogger Camp 2015 ini dan jalan-jalan keliling hotel yang desainnya bagus banget. Setelah puas berkeliling, kami mulai perjalanan dengan dua bus BlueBird besar yang membawa kami menuju Camp Hulu Cai.

Selama perjalanan, banyak kuis-kuis kecil berhadiah voucher dari para pendukung acara Blogger Camp 2015 ini – ada Indosat, BlueBird Group, Tauzia Hotels, dan SunPride. Semua blogger ikutan kuis seru-seruan di Twitter, dan untungnya pake koneksi Indosat jadi tetap lancar jaya selama perjalanan. Indosat Love banget ya, hehehe… Seru! Semua twit-twit tadi bisa dicek lho di Twitter dengan hashtag #bBloggerCampID #Lovekonten #JKT. Seru! Nggak berasa perjalanan sekitar 2 jam, tau-tau udah nyampe di Hulu Cai.

Sesi sharing sambil mengelilingi api unggun bareng Ndoro Kakung, Pakde Mbilung, dan NET Media

Sesi sharing sambil mengelilingi api unggun bareng Ndoro Kakung, Pakde Mbilung, dan NET Media

Namanya juga kemping, jadi para blogger tidurnya di dalam tenda. Dalam satu tenda ada 3-4 orang. Setelah beberes dan makan malam, semua blogger berkumpul di tengah lapangan mengelilingi api unggun dan sharing mengenai kredibilitas blog.

Sebenernya apa sih kredibilitas blog? Maksudnya begini lho. Seorang blogger kan nulis nggak cuma buat dirinya sendiri. Tetapi bagaimana supaya tulisan dia juga bisa dibaca orang. Nah, seorang blogger harus bisa menjaga supaya blognya tetap credible dengan konten-konten yang dia buat. Ribet? Nggak juga. Serunya, di acara Blogger Camp ini banyak para blogger-blogger senior yang berbagi ilmu, tips dan cerita. Ada Ndorokakung, Pakdhe Mbilung, mbak Nuniek Tirta, dan blogger-blogger lain yang juga berbagi kisah tentang blogging – termasuk saya sendiri. Oya, acara ini juga diliput oleh NET Media lho, dan kononnya sih bakal ditayangkan di NET TV juga. Ihiy!

Talkshow bersama blogger-blogger senior

Talkshow bersama blogger-blogger senior

Hari kedua, ada talkshow masih mengenai tema yang sama oleh Ndorokakung, Iman Brotoseno, dan beberapa blogger keren lainnya. Banyak tips yang berguna lho dari mereka. Salah satunya adalah menjaga kredibilitas blog dengan memilih tema yang kita kuasai. Maksudnya, pilihlah tema yang benar-benar sesuai dengan kepribadian kita. Kaya blog saya ini, isinya mungkin gado-gado ya, ada tentang jalan-jalan, buku, musik, dan hal-hal yang saya sukai. Tapi semuanya mencerminkan kepribadian saya (ciieehh bahasanya). Jadi ya, mungkin aja, blog saya ini bisa dibilang credible. Eh iya nggak sih? Hehehehe…

Yang jelas, saya juga masih harus belajar banyak dari para blogger yang saya temui – baik di Bandung, jakarta, atau di manapun – termasuk di acara seperti Blogger Camp ID ini. Jadi blogger buat saya sih nggak cuma bisa nulis, tapi juga bisa menuangkan isi pikiran – yang sukur-sukur bisa bermanfaat buat orang lain, dan yang penting bisa menjadi bahan pembelajaran buat diri saya sendiri.
Gitu aja sih.

Selamat Hari Blogger Nasional!

Leave a Reply

Recent Post